Abrasi Pulau Rangsang Kian Parah

Dibaca: 86179 kali  Senin, 09 Mei 2016 | 09:24:51 WIB
Abrasi Pulau Rangsang Kian Parah
Ket Foto :

RANGSANG-riautribune: Kondisi bibir pantai di sepanjang Pulau Rangsang saat ini sangat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, setiap tahun bibir pantai di sepanjang pulau ini mengalami abrasi dan pengikisan 5 sampai 10 meter. Daratan Pulau Rangsang yang berhadapan dengan Selat Melaka ini tergerus ke laut dan menjadi ancaman bagi penduduk yang bermukim di sekitarnya.

"Kondisi ini sangat memperhatinkan sekali. Setiap tahun abrasinya mencapai 5 hingga 10 meter. Banyak kebun dan rumah penduduk yang sudah masuk ke dalam laut. Ini benar-benar menjadi ancaman bagi kami yang tinggal di sepanjang pantai," ujar tokoh pemuda Rangsang Pesisir Young Aril.

Dikatakan Young Aril, saat ini sudah banyak tanah runtuh dan hanyut ke laut akibat abrasi. Masyarakat yang tinggal di sepanjang pantai, katanya, kehidupannya merasa terancam. "Tanah runtuh dan hanyut ke laut sudah sampai ke belakang rumah penduduk Sungai Rangsang dah," terang Young Aril warga Desa Sonde ini dengan logat Melayunya yang kental.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Bungur, Mohd Ali. Menurut Mohd Ali, abrasi yang terjadi di Pulau Rangsang kondisinya sudah sangat parah dan perlu penanganan secepatnya. "Sudah ada rumah warga yang jatuh ke laut. Pemerintah harus segera mengatasinya dengan membangun pemecah ombak. Jika tidak, ini akan menjadikan Pulau Rangsang semakin mengecil," ujar Mohd Ali. (lim)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Senin, 13 Agustus 2018 - 19:26:36 WIB

Michale: "Kami Harap Mitra Paham, Perusahaan Juga Harus Bertahan"

PEKANBARU-riautribune: Menanggapi aksi demo yang dilakukan oleh ratusan sopir Gocar di Pekanbaru, Senin (13/8),Vice President Corporate Communications GO-JEK Michael Say mengatakan, pihaknya sangat terbuka mendengarkan masukan dari mitra, namun demikian pihak Gojek Indonesia berharap para mitra memahami, karena perusahaan harus bertahan terhadap kondisi pasar.