Lokasi Ground Breaking Tol Dumai-Pekanbaru Sudah Final

Dibaca: 56627 kali  Selasa, 23 Februari 2016 | 07:20:31 WIB

PEKANBARU-riautribune: Pemprov Riau sudah menetapkan lokasi Ground Breaking (peletakan batu pertama) proyek jalan tol Dumai-Pekanbaru yang akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pilihan tersebut akhirnya jatuh di kilometer 22 Pekanbaru tepatnya di daerah Muara Fajar. Jika proyek jalan tol perdana di Riau ini nantinya selesai, maka perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai akan bisa dipersingkat sekitar 50 kilometer.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Assisten II Setdaprov Riau, Masperi kepada wartawan. Dikatakannya, pihaknya telah melakukan peninjauan pada dua lokasi yang direncanakan akan digunakan sebagai lokasi ground breaking dengan pihak Pemko Pekanbaru beberapa waktu lalu. "Sebelum ground breaking dilakukan Presiden RI, kita terus melakukan persiapan yang matang dengan mempersiapkan jalan menuju ke lokasi yang sudah aman untuk dilalui mobil presiden hingga lokasi acara sudah bisa dilaksanakan dengan baik," kata Masperi Senin (22/2).

Ditambahkannya, mengenai pembebasan lahan, pihaknya sudah membebaskan sekitar 21 kilometer untuk tol Pekanbaru-Dumai itu. Namun soal pembayaran, diakuinya belum seluruhnya dilakukan. "Untuk pembayaran ganti rugi ini belum dilakukan karena untuk pembayaran haruslah mendapatkan kesepakatan terlebih dahulu," tutur mantan Sekda Rokan Hulu (Rohul) itu.

Sementara pembangunan jalan tol sepanjang 126 kilometer, tambahnya, jika selesai akan menghemat jarak tempuh sepanjang 50 kilometer. Belum lagi ditambah kecepatan di tol yang memang dikenal dengan bebas hambatan ini. "Saat ini, tim tengah melakukan penetapan lokasi yang berada di kawasan perkebunan, HTI untuk dilakukan inventarisasi pemiliknya. Jika sudah selesai, maka pembangunan akan dilakukan pada tahun 2016 ini juga," tegasnya.

Seperti diketahui, kondisi terakhir memang untuk pintu tol sedang disiapkan sebuah jalan lingkar di wilayah Muara Fajar. Sehingga dari jalan lingkar yang disebut jalan lingkar trase empat tersebut nantinya akan menjadi lokasi pintu tol dari Pekanbaru menuju Dumai.(hms/ehm)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »