ADVERTORIAL PEMKAB INHIL

Kembangkan Pantai Solop, Pemda Inhil Berdayakan Masyarakat Tempatan

Dibaca: 107122 kali  Selasa, 09 Februari 2016 | 11:02:07 WIB
Kembangkan Pantai Solop, Pemda Inhil Berdayakan Masyarakat Tempatan
Ket Foto : Foto Internet

TEMBILAHAN-riautribune: Dalam pengembangan destinasi wisata Pantai Solop, Pemda Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Kebudayaan Pariwasata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat. Kepala Dinas Budparpora Inhil Junaidi Ismail menyatakan, masyarakat setempat dilibatkan dalam penyediaan home stay bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan wisata ini, terutama bagi yang ingin menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah di pantai ini.
 

"Kami sedang melakukan empowering kepada masyarakat setempat untuk mempersiapkan kawasan ekowisata. Kita akan mendorong masyarakat untuk menyiapkan rumah mereka sebagai homestay bagi wisatawan," ungkapnya.
 
Penggunaan rumah masyarakat sebagai homestay wisatawan tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang sebagian besar adalah nelayan. Tentunya nanti potensi yang lain juga akan ikut berkembang. "Jika di subuh hari kita beruntung dapat menyaksikan sunrise (matahari terbit) ketika udara cerah dan tidak berawan, demikian juga sore dengan sunsetnya. Inilah satu-satunya pantai di pesisir timur Pulau Sumatera yang terletak hanya beberapa detik derajat dari garis Equator," sebut mantan Kepala BP2MPD ini.
 
Diterangkan, Pantai Solop terletak di Desa Pulau Cawan Inhil memiliki keunikan karena bibir pantai terdiri dari hamparan seresah (yaitu serpihan biota laut kerang-kerangan) yang terdampar dari perairan Tanjung Datuk dan Tanjung Bakung dengan garis pantai spanjang 3 kilometer. Tidak jauh dari pantai di belakang pemukiman perumahan penduduk telah dibangun tracking mangrove sepanjang 1 kilometer. Wisatawan dapat melihat dari dekat pepohonan bakau akik, bakau daek, teruntum, nyirih, kedabu, perepat, tengar dan masih banyak lagi flora lainnya, setidaknya ditemukan 15 jenis flora ekosistem mangrove yang ada disini. (adv/hms/ehm)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »