Jadikan Masjid Paripurna Pusat Aktivitas Agama, Sosial dan Ekonomi

Dibaca: 77946 kali  Kamis, 07 Januari 2016 | 07:50:45 WIB
Jadikan Masjid Paripurna Pusat Aktivitas Agama, Sosial dan Ekonomi
Ket Foto : Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus ST. MT foto bersama dengan kaum dhuafa yang menerima santunan sembako di Masjid Raya Nurusssalam, Kecamatan Bukit Raya.(riautribune.com)

PEKANBARU-riautribune: Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriah merupakan wujud penghormatan dan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Momentum tersebut dapat dijadikan saat yang tepat untuk mengeksplorasi lebih dalam kepribadian serta ketauladanan dalam diri Rasullullah, sebagai bekal peningkatan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Demikian disampaikan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST. MT saat menghadiri Tabligh Akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriah di Masjid Raya Nurussalam Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Selasa (05/01) lalu.

Walikota Pekanbaru menjelaskan, dengan mentauladani sifat Nabi Muhammad SAW, kita dapat memfilter dan tidak akan terlalu mudah terpengaruh dengan derasnya arus globalisasi dan teknologi yang semakin hari semakin cepat mewabah di tengah masyarakat. Untuk itu, katanya, diperlukan pembangunan Masjid Paripurna di tingkat kelurahan yang nantinya akan menggelar berbagai kegiatan seperti keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Pemerintah Kota Pekanbaru akan membangun Masjid Paripurna di setiap kelurahan. Berbagai aktivitas akan digelar guna meningkatkan fungsi masjid sebagai majelis tempat Ibadah, majelis tempat menuntut Ilmu dan sebagai majelis ekonomi dalam rangka menuju Kota Metropolitan yang Madani," jelas Walikota Firdaus.

Pembangunan Masjid Paripurna, menurut Walikota Firdaus, berkaitan erat dengan menciptakan masyarakat madani yang memiliki nilai Al-Qurani seperti disiplin, patuh dan taat kepada peraturan dan pemimpin, penuh dengan toleransi, suka bekerjasama dan gotong royong serta masyarakat yang bersih dari berbagai hal seperti jiwa, pikiran, pendengaran, penglihatan, bersih diri dan lingkungan.

Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriah di Masjid Raya Nurussalam Kecamatan Bukit Raya menghadirkan penceramah Ustad H. Abdul Somad. LC, MA. Dalam Ceramahnya Ustad Abdul Somad, LC, MA mengajak jamaah maulid Nabi Muhammad SAW untuk mentauladani sifat Rasulullah yakni Siddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah dalam kehidupan sehari-hari. Karena ucapan dari Nabi Muhammad SAW merupakan wahyu dari Allah SWT.

Ustad Abdul Somad juga memberikan apresiasi terhahadap program Pemerintah Kota Pekanbaru dalam membangun Masjid Paripurna yang dinilainya sangat baik untuk mencerdaskan ummat. Sebab terdapat berbagai aktivitas seperti pendidikan, ekonomi dan lingkungan hidup dalam konsep tersebut.

“Kita harus mencontoh sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW seperti perbuatan, ucapan mulai dari beliau tidur sampai dengan memulai tidur lagi” jelas ustad Abdul Somad.

Selain Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid Raya Nurussalam itu juga digelar serangkaian kegiatan yakni penyerahan santunan kepada kaum dhuafa berupa 100 paket sembako, pelatihan orientasi dakwah bagi ibu-ibu Majlis Taklim dan Muscab MUI se- Kecamatan Bukit Raya.

Usai menghadiri Tabligh Akbar di Masjid Raya Nurussalam Walikota Firdaus dan rombongan melihat proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) yang berada di komplek Islamic Centre Nurussalam Jalan. Taman Sari nomor 50 Pekanbaru.(adv/hms-pku/ehm)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »