Digadang-gadang Calon Ketua PPP Riau, Ini Tanggapan Yuyun Hidayat

Dibaca: 11230 kali  Jumat, 05 Februari 2021 | 13:45:33 WIB
Digadang-gadang Calon Ketua PPP Riau, Ini Tanggapan Yuyun Hidayat
Ket Foto : ilustrasi internet

PEKANBARU - riautribune : Nama anggota DPRD Riau fraksi PPP Yuyun Hidayat disebut masuk dalam bursa kandidat calon Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Riau yang pemilihannya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Menanggapi hal itu, Yuyun Hidayat mengatakan secara politis wajar saja jika namanya didorong untuk maju dalam pemilihan pucuk pimpinan partai berlambang Ka'bah tersebut. Terlebih lagi dirinya merupakan kader PPP aktif dan anggota legislatif.

"Secara politik, tentu wajar karena kebetulan kami yang lebih terekspos. Yang pasti saya jalani saja. Kalau diamanahkan, tentu saya siap baik itu nomor dua, tiga maupun nomor satu saya siap. Yang penting PPP maju. Kita lihat saja, dan kita pelajari terlebih dahulu," ucap Putera dari almarhum Ketua DPW PPP Riau Azis Zaenal itu, Kamis.

Menurutnya, PPP Riau membutuhkan figur pemimpin yang memiliki skema kepemimpinan yang mampu membawa PPP bangkit dan mengejar ketertinggalan. Apalagi tugas berat menunggu pada pemilihan umum (pemilu) 2024 nanti. "PPP saat ini berada diambang batas akhir. Nah untuk mengejar ketertinggalan ini, kita butuh pola kepemimpinan baru yang mesti dipersiapkan dari sekarang," ucapnya.

Yuyun memiliki versi sendiri terhadap kriteria calon Ketua PPP Riau. Yang pertama, orang tersebut harus bisa membuktikan cintanya kepada PPP. "Dia harus cinta dengan PPP, artinya sudah ada kontribusinya untuk partai, dia bukan pengurus pasif, tapi pengurus aktif. Saya pribadi belum merasa memberikan kontribusi besar untuk partai, mungkin masih sangat sedikit," katanya.

Kedua, untuk memudahkan komunikasi, orang tersebut harus berada di dalam sistem, baik sistem legislatif maupun eksekutif. Karena jika di dalam sistem, konsolidasi akan mudah dilakukan. "Kalau di luar boleh saja, tapi itu pasti akan sangat berat jika dibandingkan dengan yang ada di dalam sistem. Intensitas komunikasi politik ketua partai itu sangat tinggi," tuturnya.

Yang ketiga, sosok tersebut harus punya jiwa petarung dan sudah mapan secara finansial. Karena, dalam mengurus partai, ada banyak pengorbanan yang mesti dilakukan, tak terkecuali materi. "Bicara politik tidak lepas dari yang namanya cost, kita pasti lebih banyak menyumbang daripada menerima," tegasnya.

Terakhir, sosok tersebut harus punya intelektualitas dan memang sosok yang disegani, serta dihormati oleh kalangan pengurus partai. Karena ini berkaitan dengan marwah partai yang mesti dijaga. "Banyak sih yang layak jadi ketua, tapi kalau menurut saya, harus bisa memenuhi kriteria itu, demi PPP yang jauh lebih maju di Pemilu 2024 nanti," ucapnya.

"Berkaca dari DPP, kita pasti ada perampingan dan memberikan porsi lebih kepada kalangan muda, makanya calon ketua ini kalau bisa harus dari kalangan muda," sambungnya.(antara)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »