BRK Beralih ke Syariah,

Karmila Sari: Nasabah Non-Muslim BRK Tak Perlu Takut

Dibaca: 6977 kali  Rabu, 13 Januari 2021 | 14:36:33 WIB
Karmila Sari: Nasabah Non-Muslim BRK Tak Perlu Takut
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan status Perda No 10 Tahun 2002 tentang perubahan bentuk status badan hukum Bank Pembangunan Daerah dari Perusahaan Daerah (PD) ke Perseroan Terbatas (PT) Karmila Sari mengatakan akan ada enam pasal yang akan berubah dalam mengonversi bank Riau Kepri menjadi Syariah secara total.

"Dampak dari perubahan pasal ini sangat kuat. Karena kepentingan nasabah harus diperhatikan," kata Karmila Sari, Rabu (13/1/2021). Ada 15 orang perwakilan masing-masing fraksi DPRD Riau anggota Pansus yang terlibat dalam penggodokan Ranperda ini.

Menurut Karmila Sari, Komisi III DPRD Riau tempatnya bernaung, sudah memulai langkah kecil dengan melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk melihat bagaimana NTB mengonversi total bank daerah dari konvensional ke syariah.

"Kita akan memanggil Dirut Bank Riau Kepri. Ada kekhawatiran PAD kita akan berkurang. Selanjutnya kita juga akan memperhatikan nasabah. Minimal 70% persen nasabah menyetujui," kata Karmila Sari. Menurut data penelitian Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) tahun 2019 sebanyak 97,3 persen nasabah tetap menjadi nasabah saat beralih ke syariah. Sementara masyarakat 95,1 persen mendukung konversi ini.

Karmila menambahkan untuk nasabah non-muslim tak perlu khawatir terhadap perpindahan konsep Syariah ini. "Simpanan nasabah non muslim tetap dijaga karena pengelolaannya saja yang berubah secara syariah. Tidak perlu khawatir. Kita menargetkan Bank Riau Syariah ini telah telah selesai bertepatan dengan momentum HUT Bank Riau," katanya. (hrc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »