Milad Ke 58 UNRI Tabalkan Diri Perihal, Kemandirian Pangan

Dibaca: 6384 kali  Ahad, 04 Oktober 2020 | 23:49:32 WIB
Milad Ke 58  UNRI Tabalkan Diri Perihal, Kemandirian Pangan
Ket Foto : Rektor UR Prof Aras menandatangani prasasti Milad UR

PEKANBARU-riautribune: Memasuki usia ke 58 tahun, yang tajuh setiap tanggal 1 oktober, Universitas yang telah meluluskan ribuan sarjana inipun menabalkan diri untuk mandiri pangan.  Bagian dari tema milad ke 58 ini, Rektor UR Prof Aras Mulyadi menuturkan ini  menjadi spirit yang akan mewarnai perjalanan perguruan tinggi ini untuk menjalankan tugasnya pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Demikian diungkapkan Prof Aras ketika diwawancarai media baru-baru ini

Keberadaan UNRI sebagai jantung hati masyarakat Riau menjadi sangat penting dalam mewujudkan kemandirian pangan menuju Indonesia maju. Unri dapat berperan dalam memberikan pandangan, pemikiran, dan masukan terhadap strategi kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Hal inilah yang menjadi topik dari Orasi Ilmiah Dr Ir Rosnita MSi, Dosen Fakultas Pertanian UNRI pada Sidang Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke-58 Universitas Riau, Kamis (1/10/2020) secara virtual.

“Pada masa pandemi (Covid 19) ini, kemandirian pangan menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian, karena pada situasi seperti ini produksi, distribusi dan konsumsi pangan masyarakat akan mengalami gangguan. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Food and Agriculturel Organization (FAO) yang menyatakan adanya ancaman kelangkaan pangan dimasa pandemi,” papar Rosnita.

Untuk itu, lanjut Rosnita, peran dan kontribusi Unri tentunya sangat diharapkan untuk bersama-sama menjalankan berbagai strategi dalam mewujudkan kemandirian pangan menuju Indonesia maju. Peran ini dilakukan melalui pendekatan Tridharma Perguruan Tinggi melalui tiga pilar pendidikan, yaitu berkenaan dengan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, UNRI sebagai perguruan tinggi yang sudah berakreditasi A telah menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk mengisi pembangunan yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Hingga saat ini, UNRI telah menghasilkan 104.254 lulusan yang sudah berkiprah pada berbagai bidang di institusi pemerintah dan swasta.

Pada bidang penelitian, para dosen dan mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah research yang telah dilakukan. Berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen di UNRI khususnya fakultas Pertanian mendukung terwujudnya kemandirian pangan.

Selanjutnya, pada bidang pengabdian kepada masyarakat, UNRI melalui LPPM dengan melibatkan mahasiswa bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan yang ada diberbagai daerah melakukan kegiatan pengabdian, seperti pengabdian bina desa dan pengabdian yang terintegrasi dengan program KKN. Dosen dan mahasiswa melakukan berbagai program di masyarakat dalam upaya meningkatkan produksi pangan seperti kegiatan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan terhadap masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memproduksi pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan sendiri, menggerakkan, dan menciptakan industri rumah tangga, sehingga ekonomi desa mampu digerakkan, masyarakat sejahtera dan Indonesia akan maju.

Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada kesempatan yang sama, menyebutkan kiprah Universitas Riau di usia ke 58 Tahun ini adalah bukti komitmen Universitas Riau dalam membentuk karakter anak bangsa.

“UNRI terus berupaya memberikan kontribusi dalam menghasilkan dan menciptakan lulusan yang unggul, menghasilkan penelitian yang berkualitas berupa inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Perwujudan dari semua ini adalah hasil dari Universitas Riau sebagai Perguruan Tinggi yang melahirkan generasi bangsa yang berilmu pengetahuan dan berkarakter dalam membangun bangsa dan negaranya,” jelas Aras.

Pada kesempatan ini juga, lanjut Aras, atas nama pimpinan dan civitas akademika UNRI kami menyampaikan Apresiasi yang tak terhingga kepada berbagai pihak yang telah bersinergi bersama Universitas Riau dalam membangun generasi yang unggul di Bumi Melayu ini.

“Kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut secara langsung maupun tidak langsung dalam mengembangkan Universitas Riau hingga saat ini, semoga apa yang kita kerjakan mendapat ridho dari Allah SWT,” ucapnya.. (RLS)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pojok Usaha" Index »