Akhirnya Tol Pekanbaru - Dumai Diresmikan Presiden secara Virtual

Dibaca: 18515 kali  Jumat, 25 September 2020 | 13:39:24 WIB
Akhirnya Tol Pekanbaru - Dumai Diresmikan Presiden secara Virtual
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi), siang ini (25/9) akan meresmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Berbeda dengan peresmian jalan tol di daerah lain, peresmian tol Permai akan dilakukan Presiden secara virtual, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi di Riau.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, kepastian peresmian jalan tol secara virtual tersebut diketahui usai rapat antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan pihak protokol kepresidenan juga secara virtual, Kamis (24/9). Dalam rapat tersebut, kedua pihak sepakat bahwa Presiden akan meresmikan jalan tol dari istana presiden secara virtual pukul 14.00 WIB. "Untuk seremonial peresmian di Riau akan dipusatkan di gerbang tol Dumai. Meskipun Presiden tidak datang ke Riau, Presiden menugaskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk datang langsung ke Riau," katanya.

Gubri berharap, peresmian jalan tol tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman. Karenanya, dalam rapat persiapan di Riau, juga hadir dari pihak PLN dan juga telkom. "Rapat tadi juga hadir pihak PLN dan Telkom untuk memastikan pasokan listrik dan internet lancar saat pelantikan," ujarnya.

Dipaparkan Gubri, bahwa peresmian jalan tol secara virtual tersebut baru pertama kali dilaksanakan di Riau. Untuk itu, nantinya peresmian secara virtual di Riau ini, akan dijadikan contoh bagi daerah lain yang dalam waktu dekat juga akan melaksanakan peresmian jalan tol. "Jadi peresmian jalan tol secara virtual di Riau ini akan dijadikan contoh, karena masih ada tujuh jalan tol lainnya di Indonesia yang akan diresmikan.

Kemungkinan juga akan dilaksanakan secara virtual," sebutnya. Dengan sudah diresmikannya jalan tol Pekanbaru-Dumai ini, dikatakan Gubri bahwa jalan tol ini sudah langsung bisa dioperasionalkan. Atau dengan kata lain sudah bisa dilalui langsung oleh masyarakat. "Setelah diresmikan bisa langsung operasional, tapi apakah langsung dipungut biaya atau tidak kami masih menunggu informasi.

Tapi harapannya bisa digratiskan dulu untuk beberapa hari dulu," harapnya. Gubri berharap, dengan peresmian jalan tol tersebut, bisa menjadi lokomotif perekonomian di Riau. Karena dari sisi jarak, yang biasanya dari Pekanbaru ke Dumai memerlukan waktu empat jam, saat ini hanya 1 jam 30 menit hingga 2 jam saja. "Selain dimanfaatkan oleh masyarakat, saya juga berharap bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha.

Termasuk rest area yang ada juga bisa diisi oleh UMKM Riau," harapnya. Sehari jelang peresmian jalan tol tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan rapat persiapan di Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas PUPR serta Kepala Biro Ekonomi. Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau Eva Revita mengatakan, peresmian jalan tol dilaksanakan secara virtual dikarenakan saat ini pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia termasuk provinsi Riau.

"Informasinya memang peresmian akan dilaksanakan secara virtual oleh Presiden di istana negara. Tapi untuk kepastiannya, menunggu hasil rapat siang ini," katanya. Executive Vice President Sekretaris perusahaan Hutama Karya , Muhammad Fauzan mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai akan menghubungkan berbagai kawasan produktif. "Sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, memangkas jarak tempuh, biaya logistik dan tentunya menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera," ungkap Fauzan.(rps)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pekanbaru" Index »