Pastikan Saat Idul Fitri Bisa Digunakan,

Presiden Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru - Dumai

Dibaca: 17691 kali  Jumat, 21 Februari 2020 | 15:23:24 WIB
Presiden Jokowi  Tinjau Tol Pekanbaru - Dumai
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan saat Idul Fitri 2020, jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sudah bisa digunakan. Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan tinjauan Tol Permai (Pekanbaru - Dumai), tepat didepan gerbang tol, dan dibawah guyuran hujan.

 

''Bulan Mei 2020 mendatang masyarakat Riau sudah bisa melintas di Jalan Tol Permai. Panjang dari Pekanbaru sampai Dumai yaitu 131 kilometer. Insyaallah akhir April selesai. Sehingga saat lebaran nanti semuanya sudah bisa melalui tol ini," terang Jokowi kepada awak media, Jumat (21/2/2020).

 

Selanjutnya setelah menanggapi awal media, Jokowi langsung bertolak menuju mushalla untuk melaksanakan shalat Jumat, dan selanjutnya agenda orang nomor satu di Indonesia itu menuju ke Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim di Minas. Terpisah Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo, juga memastikan lebaran mendatang Tol Permai sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

 

"Tol ini nanti April atau Mei sudah diresmikan. Tadi Bapak Jokowi juga memberikan tanggapan yang baik, dia sudah melihat dari mulai masuk tol tadi beliau mengatakan, wah tol nya kok beda ya dari tol lain, kualitasnya bagus. Ya mudah-mudahan setelah merasakan yang 9 kilometer ini beliau bisa berkomentar lebih baik," tutup Bintang.

 

Untuk diketahui, progres konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sudah mencapai rata-rata 90 persen, Jalan Tol Permai membentang sepanjang 131 km, menghubungkan Kota Pekanbaru hingga Dumai.

 

Jalan Tol Permai ini dilengkapi 6 underpass untuk perlintasan gajah, 16 Jembatan, 4 simpang susun, serta 7 Gerbang Tol PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai (Jalan Tol Permai) sekaligus anak perusahaan dari PT Hutama Karya (Persero) (HK), sedikit lagi merampungkan konstruksi Jalan Tol Permai.

 

Jalan Tol Permai memiliki panjang total 131 km, dan dibagi menjadi 6 seksi yang menghubungkan Pekanbaru, Kandis, Duri hingga Dumai. Tol Permai memiliki fitur unik karena di dalamnya turut dibangun enam underpass untuk perlintasan kawanan gajah.

 

Perlintasan pertama berada di Sungai Tekuana yang lokasinya berdekatan dengan Jalan Tol Permai Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan), yang mana posisinya tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah sumatera liar. Sedangkan lima perlintasan lainnya berada di Jalan Tol Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan), dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

 

Tol Permai memiliki 16 Jembatan, 4 simpang susun, dan 6 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Dumai, Riau. Tol dengan lebar lajur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 7 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Pekanbaru, GT Minas, GT Kandis Selatan, GT Kandis Utara, GT Duri Selatan, GT Duri Utara, GT Dumai. (grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu