6 Ribu Lebih CPNS Provinsi Riau Jalani Tes Kompetensi Dasar

Dibaca: 12140 kali  Senin, 27 Januari 2020 | 14:42:25 WIB
6 Ribu Lebih CPNS Provinsi Riau Jalani Tes Kompetensi Dasar
Ket Foto : ilustrasi internet

BERTUAHPOS.COM – Sebanyak 6.178 CPNS di Provinsi Riau mulai mengikuti Tes Kompetensi Dasar atau TKD. Mereka sebelumnya sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Tes berlangsung di UPT Penilaian Kompetensi di Jalan Amal Hamzah, Pekanbaru.

 

TKD dilakukan dengan sistem Computer asist test (CAT) akan dibagi menjadi 5 sesi. Masing-masing sesi diberi waktu selama 90 menit untuk menjawab 90 soal. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, ujian SKD ini dilaksanakan tanggal 27 Januari hingga 10 Februari 2020. “Kami harap mereka bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin,” kata Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan, Senin, 27 Januari 2020.

 

Dia mengatakan peserta yang tidak hadir dalam tes ini langsung dinyatakan gugur dan dihadapkan sejam sebelum tes dilaksanakan pesertan sudah harus hadir. Dalam mengisi ujian TKD, ada 3 bidang tes yang akan diujikan dalam seleksi CPNS, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

 

TIU akan menguji kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari para peserta. Untuk mengerjakan soal TIU, CPNS harus sering melakukan latihan karena soal tes menggunakan banyak metode dan pola soal yang hampir mirip. Kemudian TWK berisi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia dan Pancasila. Dengan menguasai makna Pancasila dan Undang-Undang serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.

 

TKP tes yang menguji kepribadian dan integritas diri. Untuk tes ini CPNS harus mengubah pola pikir dan memposisikan dirinya selaku ASN yang berintegritas, profesional, dan mengutamakan kepentingan publik. Dia meminta peserta lebih konsentrasi dalam mengisi jawaban. Walapun memiliki nilai tinggi tapi tidak sesuai dengan passing grade maka tetap dinyatakan tidak lulus SKD. TKP soal 35 nilai ambang batas 126. TIU soal 35 nilai ambang batas 80 dan TWK soal 30 dengan nilai ambang batas 65. (bpc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »