Doli Kurnia Ingatkan Bamsoet: Jangan Buru-buru Ambil Kesimpulan

Dibaca: 19879 kali  Senin, 16 Desember 2019 | 13:55:32 WIB
Doli Kurnia Ingatkan Bamsoet: Jangan Buru-buru Ambil Kesimpulan
Ket Foto :

JAKARTA - riautribune : Pimpinan Komisi II DPR tidak sejalan dengan usulan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang ingin mengembalikan Pemilu langsung menjadi tidak langsung. Terlebih, Bamsoet sapaan akrab politisi Golkar itu, menyebutkan alasan usulan itu hanya karena biaya politik yang dianggap sangat mahal.


"Kita tidak boleh buru-buru mengambil kesimpulan," ujar Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/12). Doli yang juga politisi Golkar ino mengingatkan bahwa mekanisme pemilihan langsung adalah wujud demokrasi yang menjadi ikon era reformasi setelah Indonesia cukup panjang berada di rezim Orde Baru.


"Ikon masa reformasi adalah kedaulatan yang selama ini adalah kedaulatan negara diberikan kepada kedaulatan rakyat," katanya. "Rakyat sudah terbiasa sekarang memilih pemimpinnya secara langsung mereka terlibat, ini tidak mudah untuk mengembalikannya lagi (menjadi tidak langsung)," jelas Doli menambahkan.

Menurutnya, jika usulan itu terus didorong. Maka, sama saja menjadi upaya menarik mundur sejarah demokrasi Indonesia. "Saya kira prinsip demokrasi yang selama ini kita jalankan harus kita jaga, jangan kita tarik kembali," pungkas Doli menambahkan. (rmol)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »

Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:15:56 WIB

Bambang:Perwako Jangan Mempersulit Masyarakat

PEKANBARU-riautribune: Perlu diingat, bahwa kewenangan pembentukan Peraturan Walikota (Perwako) adalah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi (dalam hal ini juga termasuk Perda). Secara hierarki, kedudukan Perda lebih tinggi dari Perwako. Demikian diungkapkan oleh Bambang H Rumnan., SH., MH selaku Koordinator Advokasi GMMK.