Sore Ini Pintu Waduk PLTA Dibuka Jadi 150 CM,

Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir

Dibaca: 7293 kali  Jumat, 13 Desember 2019 | 15:24:20 WIB
Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir
Ket Foto :

PEKANBARU  - riautribune : Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang kembali melakukan penambahan tinggi bukaan pintu pelimpah waduk PLTA Koto Panjang, Jumat (13/12/2019) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Hal ini disampaikan oleh Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, Jumat (13/12/2019). Ia mengatakan, ketinggian bukaan pintu yang akan ditambah mencapai 30 Cm.

 

"Akan kembali kita buka 30 Cm, jadi total ketinggian bukaan pintu mencapai 150 Cm dengan jumlah pintu yang dibuka adalah 5," ujar Cecep.

Disampaikan Cecep, sebenarnya pagi tadi pihaknya sudah memutuskan tidak menambah besaran pintu karena dari rata-rata debit air yang masuk (inflow) yang masuk ke waduk, malam hari masih di bawah debit air yang keluar (outflow) dan informasi terakhir malam hari dari beberapa daerah di hulu airnya cenderung turun.

 

"Namun pagi hari sekitar jam 8.00 WIB inflow yang masuk bartambah dan informasi dari beberapa sungai di hulu mengalami kenaikan," cakapnya. Lanjut Cecep, hari sebelumnya untuk inflow ke bendungan itu sekitar 1.100 m2 sedangkan outflownya mencapai 1.200 m2. Jadi, masih ada perbandingan 100 dan tak ada rencana penambahan tinggi bukaan pintu waduk.

 

"Tapi ternyata pagi tadi inflow mencapai 1.500 m2 sehingga memang harus dilakukan penambahan tinggi bukaan pintu," tegasnya. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang beraktivitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar agar waspadai banjir. (ckp)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »