Wagubri Hadiri Harganas XXVI di Kampar

Dibaca: 21630 kali  Kamis, 31 Oktober 2019 | 13:57:01 WIB
Wagubri Hadiri Harganas XXVI di Kampar
Ket Foto :

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menghadiri kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, Kamis (31/10/2019). Pada momen itu, Ia mengajak seluruh keluarga di Riau bangun komunikasi.


"Tentu dalam kesempatan ini peringatan hari keluarga nasional di Provinsi Riau kita berharap bagaimana keluarga ini bisa membangun komunikasi di tengah-tengah sibuknya sekarang teknologi yang menyebabkan orang dalam satu meja bisa punya kegiatan masing-masing," kata Wagubri.


Ia berharap, keluarga di Provinsi Riau kembali berhimpun dan luangkan waktu agar bisa berkomunikasi. Ia mencontohkan, komunikasi di meja makan. "Khususnya di waktu makan. Dalam kondisi seperti inilah antara ayah, ibu dan anak bisa membangun komunikasi. Bisa dalam satu hari saja setengah jam itu sudah sangat luar biasa," kata dia.

 

Kata dia, Pemerintah Provinsi juga melalui Dinas terkait selalu menyosialisasikan program yang lebih dikenal dengan 1821."Kita tentu selalu lakukan imbauan melalui dinas terkait agar bisa memberikan pengajaran terhadap keluarga khususnya di Provinsi Riau, bagaimana membangun keluarga ini bisa ke depannya menjadi keluarga bahagia dan sejahtera," jelasnya.


Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, Agus Putro Proklamasi mengatakan pihaknya kembali mempelopori gerakan kembali ke Meja Makan dan Gerakan Tidak Melihat Media Sosial dan TV” pada jam 18.00-21.00 atau Gerakan 1821. "Gerakan ini sengaja dirancang untuk mengarahkan nuansa kebersamaan dalam keluarga dan menjaga hubungan sosial keluarga di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini yang mengubah perilaku masyarakat," jelasnya.

 

Menurutnya, isu ketahanan keluarga, mendapat tantangan baru seiring kemajuan teknologi dalam era revolusi industri 4.0 saat ini. Adanya revolusi industri 4.0 memberikan dampak perubahan lingkungan yang mempengaruhi perilaku masyarakat mulai dari urusan pribadi hingga bangsa.


"Kampanye gerakan 1821 dan Kembali ke Meja Makan sebagai kegiatan untuk merekatkan kembali hubungan keluarga. Saat makan malam biasanya keluarga bisa berdiskusi antar anggota keluarga yang diharapkan dapat meningkatkan interaksi," ungkapnya. Dia menekankan ada empat pendekatan untuk membangun ketahanan keluarga yaitu mengkampanyekan pentingnya keluarga untuk berkumpul, berinteraksi, berdaya, dan peduli serta berbagi.



Saat acara pemotongan tumpeng, Agus P Proklamsi dan istri memberikan tumpeng kepada pegawai BKKBN Riau yang merupakan termuda dan tertua. (hrc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »