Pertumbuhan Ekonomi Riau Melambat,

Pemprov Riau Malah Sia-siakan Rp204 Miliar DAK Fisik

Dibaca: 22170 kali  Jumat, 11 Oktober 2019 | 11:40:02 WIB
Pemprov Riau Malah Sia-siakan Rp204 Miliar DAK Fisik
Ket Foto : ilustrasi internet

PEKANBARU - riautribune : Sangat disayangkan. Di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi Riau melambat, Pemprov Riau malah menyia-nyiakan serapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik. Jumlahnya cukup fantastis. Sebesar Rp204 miliar lebih.

 

"Sangat disayangkan, meningat melambatnya perekonomian dan rendahnya pertumbuhan ekonomi Riau, terdapat stimulus fiskal berupa dana dari pusat, namun tidak termanfaatkan dan hangus oleh Pemda," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Bakhtaruddin, Jumat, 11 Oktober 2019.

 

Dalam catatan DJPb, sebesar Rp204 miliar lebih dari Rp1,949 triliun jatah DAK fisik yang disalurkan pusat berpotensi gagal disalurkan. Angka realisasi baru Rp1,744 triliun atau 36% ditriwulan III. Sedangkan sisa waktu menjelang tutup tahun sekitar 2 bulan lagi.

 

Tercatat ada 5 kabupaten/kota di Riau sama sekali belum ada melakukan pencairan DAK fisik tahap kedua. Adapaun kelima daerah itu; Pemprov Riau, Pelalawan, Pekanbaru, Inhil dan Kuansing. DJPb memberi deadline penyampaian upload syarat penyaluran DAK fisik tanggal 21 Oktober nanti. (bpc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu