Awal Desember Jalan Tol Dumai-Pekanbaru Mulai Dikerjakan

Dibaca: 85930 kali  Selasa, 17 November 2015 | 08:19:02 WIB
Awal Desember Jalan Tol Dumai-Pekanbaru Mulai Dikerjakan
Ket Foto : Ilustrasi Internet

PEKANBARU-riautribune: Pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru yang menjadi impian masyarakat Riau tampaknya akan segera terwujud. Pembangunan jalan bebas hambatan pertama di Riau itu, direncanakan akan mulai dikerjakan awal Desember 2015 tahun ini. Demikian dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hediyanto W. Husaini

Untuk merealisasikan pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru tersebut, Presiden Jokowi akhirnya melalui BUMN telah menunjuk PT. Hutama Karya sebagai pelaksanaan pengerjaan tol Dumai-Pekanbaru."Di Sumatera ada delapan ruas yang akan dibangun. Pekanbaru adalah gelombang pertama untuk pengerjaan pembangunannya. Kita sudah berkali-kali melelang kepada perusahaan untuk pengerjaan tol tersebut, karena kurang diminati akhirnya pemerintah pusat menunjuk PT. Hutama Karya sebagai pelaksana pengerjaan jalan tol Dumai-Pekanbar," ujar Hediyanto W. Husaini, Senin (16/11) di kediaman Plt. Gubri Jalan Sisingamangaraja.

Hediyanto W. Husaini menjelaskan dalam pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru itu tidak mesti menunggu ekonomi tumbuh. Akan tetapi pembangunannya akan kita laksanakan dulu. "Kita bangun jalannya dulu, lintasnya nanti kita pikirkan. Dengan pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru ini kita harapkan Riau bisa lebih maju ke depan, dan banyak investor-investor akan menanamkan modalnya. Investor tentu akan melihat jalannya dulu, ketika itu kita telah laksanakan mereka tidak akan ragu untuk menanamkan modalnya di Riau," ujarnya.

Sehingga diharapkan, tambah Hediyanto, di Riau akan banyak tumbuh kawasan-kawasan industri. "Sejauh ini kita tidak ada masalah soal pembebasan lahan pembangunan tol itu. Karena sesuai dengan UU Nomor 2 tahun 2012 pada umumnya rakyat ingin dibayar, akan kita berikan harga yang pas. Kalau tanah itu sengketa kita akan limpahkan ke pengadilan namun kita akan terus lakukan pengerjaan sampai pengadilan memutuskan lahan tersebut," katanya.

Hediyanto menegaskan, pelaksanaan pengerjaan jalan tol Dumai-Pekanbaru tersebut akan dimulai dalam waktu dekat ini. "Kita akan mulai pengerjaan fisik ruas jalan tol Dumai-Pekanbaru awal Desember nanti. Pengerjaan jalan tol Dumai-Pekanbaru ini akan memakan dana Rp15 triliun," tegasnya. (ops)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »