Fakultas Hukum UR Gelar PKKMB

Dr.Firdaus: "Belajar dengan Baik, Selesaikan Studi Dengan Cepat"

Dibaca: 36613 kali  Rabu, 07 Agustus 2019 | 15:44:46 WIB
Dr.Firdaus:
Ket Foto : Pidato Dr.Firdaus SH MH

PEKANBARU-riautribune: Fakultas Hukum Universitas Riau resmi memberikan kuliah umum kepada tiga Ratus lima puluh lima mahasiswa baru.Dihadapan mahasiswa baru, Dr.Firdaus pesankan agar mahasiswa baru belajar dengan baik, dan menyelesaikan studi dengan cepat. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum UNRI Dr.Firdaus,SH,MH turut didampingi oleh Wakil Dekan I bidang kurikulum Dr. Mexsasai,SH,MH, dan Ketua Prodi Pidana Erdiansyah,SH,MH, Rabu (7/8) di Gedung PKM UNRI Gobah.

  Dalam sambutannya Dekan Hukum UR, Dr Firdaus menuturkan bahwa pergurun tinggi adalah pusat pengetahuan yang didalamnya ada tiga amanah yang harus dijalankan yakni, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

   "Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan, yakni adanya transformasi pengetahuan dari dosen sebagai tenaga pengajar kepada mahasiswa, kemudian dari mahasiswa ke mahasiswa, mulai dari proses tatap muka, diskusi, lokakarya, seminar nasional bahkan seminar internasional dan konfrensi internasional,"Ucap Firdaus yang juga alumnus Doktor UII Yogyakarta.

  Proses pendidikan di kampus kemudian berlanjut pada penelitian. "Apa saja yang menjadi fenomena, problematika yang muncul ditengah-tengah masyarakat, akan menjadi perhatian kampus. sehingga diteliti dengan sebuah metodelogi, hingga melahirkan analisa-analisa akademik, dan lahirlah tesis terhadap persoalan-persolan tadi. Nah karena kami adalah fakultas hukum, tentu tesis atas atas persoalan hukum dalam keilmuan hukum

  "Aktifitas tadi, berlanjut kepada proses ketiga yakni pengabdian kepada msyarakat. Produk hasil-hasil penelitian tadi, akan kita bawa tengah-tengah masyarakat, guna menjawab problematika yang muncul. Jika ternyata hasil penelitian itu sesuai, maka terbantulah masyarakat. Namun jika belum tepat, itulah yang kemudian kita lengkapi dan kita sempurnakan lebih lanjut. Dan ingat, disinilah proses belajar itu berjalan, tidak melulu kita benar, karena kesempurnaan itu bisa dicapai setelah adanya perbaikan, dan evaluasi, jadi ada nilai kearifan yang dimunculkan oleh kalangan akademisi di perguruan tinggi, dan hendaknya nilai-nilai ini jugalah yang harus dicontoh oleh mahasiswa perguruan tinggi,"Ucap Tokoh Rohil yang biasa dipanggil Ongah Fir ini.

  Sebagai tambahan, kata Firdaus, mahasiswa baru selain dikenalkan tiga hal tadi, juga dikenalkan organ dan struktur dalam kampus. Struktur itu seperti lembaga kemahasiswaan, lembaga aktifitas masyatakat seperti seni, olah raga dan kerohanian.

  "Kami dari kalangan akademisi hanya meminta satu, mahasiswa belajarlah baik-baik, kuasai keilmuannya, dan yang utama, selesaikan studi itu tepat waktu. Jangan berleha-leha dan mengulur-ulur waktu sehingga ada sendiri nantinya yang akan menyesal, karena waktu dan usia akan berjalan terus,"Ucap Firdaus menesehati mahasiswanya.

  Agenda dilanjutkan dengan proses tanya jawab yang diikuti oleh Wakil Dekan I bidang akademik Dr.Mexsasai dan sebagai MC Erdiansyah,SH,MH. Saat ini alumni Fakultas hukum UNRI telah banyak berkiprah di Kejaksaan, Kemenkum dan Ham, Hakim bahkan ada yang telah sukses berkiprah di dunia jurnalistrik seperti surat kabar Jawa pos dan lainnya. (RLS)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pendidikan" Index »