Polda Riau Proses 26 Tersangka Perkara Karhutla

Dibaca: 30652 kali  Rabu, 07 Agustus 2019 | 14:28:09 WIB
Polda Riau Proses 26 Tersangka Perkara Karhutla
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Dari 26 perkara yang terjadi sepanjang 2019, Polda Riau proses sebanyak 26 tersangka. Dimana sekitar 210,655 hektare hangus terbakar.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan 26 tersangka ini tersebar di seluruh jajaran Polda Riau. Sedangkan 26 kasus tengah ditangani. "Ada 26 kasus, 1 kasus sudah P21, 11 kasus dalam sidik, tahap I ada 1 kasus dan tahap II ada 13 kasus," Terangnya.

Sementara tersangka yakni dari Polres Indrifiri Hilir 1 tersangka dengan 40 hektare lahan, 2 tersangka ditangani Polres Indragiri Huludengan 4 hentare, 2 tersangka dan 35,9 hektare ditangani Polres Pelalawan, 3 tersangka dengan 7 hektare ditangani Polres Rokan Hilir.

Selanjutnya, Polres Bengkalis menangani 3 orang tersangka dengan luasan lahan terbakar paking luas di bandingkan wilayah lain. Yakni mencapai 100,75 hektare. Polres Siak dengan 1 tersangka dengan luas lahan hanya sekitar 2 hektare.

Untuk tersangka terbanyak ditangani oleh Polres Dumai yakni sebanyak 5 orang tersangka. Sedangkan untuk luas lahan hanya sekitar 12,5 hektare. Untuk Polres Meranti menangani 2 orang tersangka dengan luas lahan mencapai 3,2 hektare. Selanjutnya, Polres Kampar 1 orang dengan luas lahan 1 hektare.

Bukan hanya itu, Polres Kuantan Singingi menangani 3 orang tersangka dengan luas lahan sebanyak 2 hektare. Sementara Polresta Pekanbaru menangani 3 orang tersangka dengan luas lahan mencapai 1,26 hektare.

Diketahui 26 tersangka ini merupakan dari pihak perorangan bukan dari pihak perusahaan. Meski sebelumnya, Satgas Karhutla telah melaporkan kepada Gubernur Riau Syamsuar ada 5 perusahaan yang lalai menjaga wilayah konsesinya. Perusahaan itu yakni PT Jatim Jaya Perkasa Teluk Bano II,PT Wahana Sawit Subur Indah Siak, PT Priatama Rupat (Surya Dumai Group), PT Seraya Sumber Lestari Siak dan PT Langgam Inti Hibrindo. Namun hingga saat ini belum ada tersangka dari pihak perusahaan.***(rtc)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »