Listrik Padam Besar-besaran,

Fadli Zon: Ciri-ciri Negara Salah Urus

Dibaca: 11729 kali  Senin, 05 Agustus 2019 | 13:33:53 WIB
Fadli Zon: Ciri-ciri Negara Salah Urus
Ket Foto :

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut peristiwa padamnya listrik massal merupakan ciri-ciri negara yang salah diurus. Dia meminta pemerintah bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

"Saya kira apa yang terjadi kemarin, mati listrik tanpa peringatan, tanpa pemberitahuan, dan tanpa penjelasan sebelumnya ini merupakan ciri-ciri dari sebuah negara yang salah urus. Menurut saya, harus ada orang yang bertanggung jawab apa yang menyebabkan itu karena telah menimbulkan kerugian yang besar di masyarakat," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2019).
 

Sebab, menurut dia, mati listrik massal itu telah menyebabkan kerugian materiil dan nonmateriil kepada masyarakat. Selain itu, Fadli menilai kejadian ini telah menurunkan kredibilitas pemerintah.


"Karena ini mempunyai dampak yang sangat besar dan sangat berbahaya. Ini juga sangat merusak kredibilitas pemerintah, apa masih sanggup? Masak urus listrik saja nggak becus. Ini kan bukan di jaman 20 atau 30 tahun lalu ketika kita masih bukan negara G20," ucapnya.

 

"Mana ada di negara G20 mati listrik yang kayak gini, kecuali ada satu yang luar biasa, misalnya gempa bumi atau ada apa ya yang kecelakaan di luar kontrol. Jadi menurut saya harus ada yang dimintai pertanggungjawaban, khususnya BUMN yang menangani listrik ini," tegas Fadli.


Selanjutnya, Fadli meminta PLN memberikan kompensasi kepada masyarakat. Bahkan, kata Fadli, sebaiknya jajaran direksi PLN mundur dari jabatan atas peristiwa ini.

"Jangan cuma ngomong doang, apa? Seperti apa kepada masyarakat kerugian dan kompensasinya. Karena masyarakat telat sedikit saja membayar listrik kan langsung dicabut. Ini juga menurut saya kalau mau kompensasinya kalau di negara lain itu direksi PLN itu mengundurkan diri," ujar Fadli.(dtk)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »