Muncul Broadcast 'Sendok dalam Gelas' agar Tahu Gempa, Ini Penjelasan BMKG

Dibaca: 14326 kali  Sabtu, 03 Agustus 2019 | 10:43:16 WIB
Muncul Broadcast 'Sendok dalam Gelas' agar Tahu Gempa, Ini Penjelasan BMKG
Ket Foto : Foto Internet

JAKARTA - riautribune : Usai gempa magnitudo (M) 6,9 yang mengguncang Banten, beredar pesan berantai atau broadcast agar menyimpan sendok dalam gelas untuk mengetahui guncangan gempa. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait pesan berantai tersebut.



Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menilai maksud orang menyimpan sendok dalam gelas agar terdengar bunyi saat mereka terlelap. Dengan demikian, orang tersebut dapat segera mengevakuasi diri.



"Ya kalau gempa kan kuat nggak perlu ditaro sendok juga pasti terasa, itu mungkin kan banyak hal naro kaleng di atas hampir jatuh itu kan, ditaro ada dudukan yang sangat kecil sehingga kalau ada guncangan sedikit saja jatuh, sehingga berbunyi. Maksudnya orang itu bangun, itu kan maksudnya ke arah sana, tapi kalau guncangannya kan kuat pasti orang merasakan tanpa perlu itu," ujar Rahmat saat dihubungi Jumat (3/8/2019).

 

Menurut Rahmat, menyimpan sendok dalam gelas untuk mendeteksi getaran gempa merupakan hal yang biasa. Tak ada penjelasan ilmiah yang disampaikan Rahmat untuk menerangkan kejadian itu. "Hal yang biasa, banyak hal, masyarakat punya inisiatif masing-masing kadang dengan peralatan seperti itu ada masyarakat inisiaitif dengan meng-connect-kan speaker," ujarnya.

 

Dia juga menjelaskan banyak inisiatif lain dari warga untuk mendeteksi gempa. Namun guncangan gempa yang kuat, menurut Rahmat, tetap akan terasa meskipun tanpa disertai peralatan. "Iya itu kan maksudnya sekiranya orang tertidur dengan peralatan yang bisa diguncang terus berbunyi, biar kaget terus bangun. Terus melakukan evakuasi gitu kan. Hanya fungsinya untuk membangun," ujarnya. (dtk)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Kamis, 14 November 2019 - 07:58:43 WIB

Ketua Komisi V DPRD Riau, Dukung Visi Misi Gubri

PEKANBARU-riautribune: Ketua komisi V DPRD Riau Eddy Mohammad Yatim, Sos,MSi dihadapan ratusan PKH menuturkan bahwa pada dasarnya DPRD Riau siap mendukung visi misi Gubernur, terwujudnya Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia, salah satunya melalui program peningkatan kapasitas dikalangan bersama ratusan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari 12 Kabupaten/kota.