Lahan Kosong di Permukiman Padat Dibakar, Warga Panik

Dibaca: 12342 kali  Rabu, 31 Juli 2019 | 14:47:54 WIB
Lahan Kosong di Permukiman Padat  Dibakar, Warga Panik
Ket Foto :

PEKANBARU - Lahan kosong di dekat pemukiman penduduk di Pekanbaru sengaja dibakar untuk kebun sayur. Masyarakat setempat panik melihat kobaran api yang akan merembet ke rumah mereka. Kebakaran lahan ini terjadi, Rabu (31/7/2019), di Jl Pala I, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai sekiyat pukul 10.00 WIB. Di lokasi ini ada lahan kosong yang di sekitarnya padat rumah penduduk.


"Awalnya warga melihat ada kobaran api besar di lahan kosong seluas 2 hektare. Lahan yang terbakar baru sekitar satu hektare. Warga panik dan menghubungi kita, Damkar," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sidomulyo Timur, Serda Dedi Supriayadi Kodim 0301 Pekanbaru, Rabu (31/7/2019).

 

Dedi menjelaskan, setelah pihaknya menerima laporan masyarakat langsung turun ke lokasi bersama pihak kepolisian setempat. Di lokasi api lagi membara membakar semak belukar. "Ini unsur kesengajaan. Lahan sengaja babat, rumput dikumpulkan dan ada ban bekas. Lalu dibakar oleh warga inisial C (45)," kata Dedi.


Masih menurut Dedi, tak lama satu unit mobil Damkar tiba di lokasi melakukan pemadaman bersama warga. Api berhasil dipadamkan seketika itu juga. "Warga sudah panik karena khawatir rembetan api bisa sampai ke rumah mereka. Karena memang lahan kosong ini diapit perumahan masyarakat," kata Dedi.


Dedi menjelaskan, saat kebakaran terjadi pelaku tengah berada di lokasi. Pelaku insial C, mengakui sengaja membakar lahan kosong tersebut untuk membuka kebun sayur. "Warga yang membakar lahan ini mengaku hanya sebagai penggaran, tanah tersebut milik orang lain. Dia mengakui membakar lahan itu untuk dijadikan kebun sayur," kata Dedi.

 

Kini situasi sudah aman. Pelaku pembakaran inisial C kini sudah diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut. "Setelah diamankan, pelaku sekarang kita serahkan ke Polsek Bukit Raya," tutup Dedi. (dtk)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »