Mendagri Belum Keluarkan Izin Anggota DPRD Riau ke Luar Negeri

Dibaca: 14483 kali  Selasa, 09 Juli 2019 | 10:42:02 WIB
Mendagri Belum Keluarkan Izin Anggota DPRD Riau ke Luar Negeri
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Pemerintah Provinsi Riau sampai saat ini belum menerima persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait dengan rencana kunjungan kerja Anggota DPRD Riau ke luar negeripada tahun 2019 ini.

Kepala Biro Tapem Sudarman, mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat permohonan anggota DPRD Riau untuk kunker ke luar negeri. Namun sampai saat ini belum ada balasan surat atau persetujuan dari Mendagri.

"Belum ada kami terima persetujuan dari Mendagri, kita masih menunggu. Saya juga belum tahu, tapi coba tanya ke dewan apakah sudah ada apa belum," kata Sudarman, Senin (8/7/2019).

Sementara itu, Kapuspen Perizinan Luar Negeri Kementerian Dalam Negeri, Nelson, saat dihubungi mengatakan untuk kunker anggota DPRD Riau ke luar negeri masih menunggu persetujuan dari Mendagri. Dan ia belum mencek apakah sudah disetujui atau belum.

 

"Nanti saya cek apakah sudah ada atau belum, untuk kunjungan anggota DPRD Riau ke luar negeri," kata Nelson. Sebelumnya diberitakan, sejumlah anggota DPRD Riau akan pelesiran ke luar negeri. Dan beberapa negara akan dikunjungi anggota DPRD Riau, seperti Australia, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

 

Terkait rencana 'plesiran' ke luar negeri para wakil rakyat Riau, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, meminta kepada Mendagri menolak permohonan izin tersebut. Fitra Riau menilai, kegiatan tersebut sebagai kegiatan rutinitas tahunan menguras uang rakyat dan tidak jelas tujuan dan manfaatnya untuk mendukung kinerja DPRD dan pembangunan daerah.

 

Tak hanya itu, Fitra Riau juga menyayangkan Gubenur Riau menyetujui dan memberikan rekomendasi rencana anggota DPRD Riau yang menghamburkan uang rakyat itu.

 

"Padahal Gubernur mestinya melakukan evaluasi terlebih dahulu pelaksanaan kunjungan kerja DPRD khususnya kunker ke luar negeri yang dilakukan sebelumnya. Apakah sejauh ini memiliki bermanfaat atau hanya sekedar agenda rutinitas tidak jelas tujuannya," jelas Koordinator Fitra Riau, Triono Hadi, Selasa (2/7/2019).

 

Fitra Riau mencatat, biaya yang dialokasikan untuk Kunker ke Australia dan Amerika tahun 2019 sebesar Rp 16 Miliar. Agenda ini setiap tahun dilakukan bahkan seolah-olah menjadi agenda rutin bagi anggota DPRD untuk plesiran ke luar negeri.

 

Berdasarkan laporan keuangan pemerintah daerah, selama 2015-2018, Anggota DPRD Riau telah menghabiskan anggaran sebesar Rp49,1 Miliar untuk plesiran ke luar negeri. (ckp)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »