Antisipasi Even Mandi Shafar

Roro Dumai-Rupat Harus Ditambah

Dibaca: 126495 kali  Kamis, 12 November 2015 | 07:31:23 WIB
Roro Dumai-Rupat Harus Ditambah
Ket Foto : Penyeberangan Dumai-Rupat hanya dilayani satu kapal roro.(riautribune.com)

BENGKALIS-riautribune: Pemprov Riau selaku pengelola penyeberangan Dumai-Rupat harus tanggap dengan kondisi yang terjadi saat ini. Sejak satu unit kapal docking beberapa waktu lalu, penyeberangan Dumai-Rupat hanya dilayani satu kapal roro. Itu pun kondisinya sangat tidak memungkinkan karena hanya bisa membawa 2 unit kenderaan roda empat. Setiap hari antrian panjang tidak bisa dielakkan.

Penambahan kapal roro untuk penyeberangan Dumai-Rupat tidak bisa ditawar-tawar lagi. Terlebih pada awal Desember mendatang, di Pulau Rupat bakal digelar even budaya Mandi Shafar. Dipastikan, ribuan pengunjung bakal memadati Pulau Rupat (Kecamatan Rupat Utara). Tidak hanya warga Rupat, sebagian mereka ada yang datang dari Dumai, Bengkalis, Pekanbaru dan lainnya.

“Jika penyeberangan feri Dumai-Rupat tetap hanya dilayani satu unit kapal roro dan dengan daya angkut kecil seperti itu, hampir dipastikan akan banyak yang gagal datang ke Rupat karena terlau lama menunggu,” ujar Jefri S,PdI warga Rupat, Rabu (11/10).

Setelah jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Rupat dan Rupat Utara terbangun, kunjungan masyarakat dari berbagai daerah di Riau meningkat drastis. Mobil-mobil pengunjung bisa langsung parkir di pinggir pantai Rupat Utara.

“Dan kami yakin, sekarang ini sudah banya yang ancang-ancang mau datang ke Rupat menyaksikan budaya mandi shafar sambil menikmati keindahan pantai Rupat. Tapi kalau kapal roro tetap satu unit, calon pengunjung akan berpikir seribu kali mau ke Rupat,” papar Jefri lagi.

Untuk itu, Jefri berharap pemerintah Provinsi Riau segera menambah kapal roro untuk melayani penyeberangan Dumai-Rupat. Dia juga berharap Pemkab Bengkalis terus menggesa Pemprov Riau untuk segera menambah kapal roro.

Sebelumnya diberitakan, salah satu kapal roro penyeberangan roro Tanjung Kapal Pulau Rupat (Bengkalis)-Kota Dumai sedang docking, mengakibatkan masyarakat yang ingin menggunakan jasa penyeberangan terpaksa harus antri sampai malam hari, karena kapal roro hanya tinggal 1 unit.

Kondisi tersebut dikeluhkan anggota DPRD Bengkalis asal Rupat Nurazmi Hasyim ST tentang sistem pengelolaan pelayanan penyeberangan Pulau Rupat-Dumai tersebut. Menurut Nurazmi, pihak Dinas Perhubungan Provinsi Riau bersama dengan pengelola jasa angkutan antar pulau tersebut harus menyiapkan kapal pengganti yang saat ini sedang docking. Karena kapal yang tinggal satu lagi melayani jasa penyeberangan Rupat-Dumai kapasitasnya sangat terbatas, hanya bisa memuat dua unit mobil pribadi.

“Dishubkominfo bersama ASDP, Dishubkominfo Dumai dan Bengkalis harus menyiapkan armada pengganti kapal roro yang sedang docking itu. Kalau tidak tetap akan terjadi antrian terus sepanjang hari, karena mobilitas penyeberangan antara Rupat dan Dumai pulang pergi (PP) cukup tinggi,” tegas Politisi Partai Demokrat tersebut.

Sebelumnya, saat menerima sejumlah tokoh masyarakat dari Kecamatan Rupat, Pj. Bupati mengatakan akan “memutasi” KMP Tasik Gemilang yang saat ini melayani penyeberangan Bengkalis-Pakning untuk penyeberangan Dumai-Rupat. Belum diperoleh informasi pasti kapan kapal milik Pemkab Bengkalis tersebut secara resmi beroperasi. (afa)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).

Jumat, 14 Desember 2018 - 17:41:05 WIB

Dipasangkan Tanjak, dan dijamu Makanan Khas Melayu

PEKANBARU-riautribune: - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Tiba di Pekanbaru, tepat sebelum Sholat Jumat. Presiden RI ke 6 ini langsung di sambut dengan diserahkan Tanjak Riau, turut disambut oleh Gubernur Riau Wan Thamrin , Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Ketua DPD Demokrayt Riau Asri Auzar dan Sekretaris DPD Eddy Mohammad Yatim, Jumat (14/12).