8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Dibaca: 13686 kali  Rabu, 26 Juni 2019 | 14:54:25 WIB
8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia
Ket Foto : ilustrasi internet

RIAUTRIBUNE - Peminat jurusan kuliah Hubungan Internasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Prodi di ranah sosial humaniora ini awalnya didirikan untuk mencetak calon-calon diplomat. Seiring perkembangan zaman, lulusan Hubungan Internasional punya lebih banyak peluang kerja.

Tertarik mengambil prodi yang mempelajari seluk-beluk hubungan antar negara dan sistem kebijakan pemerintah ini? Berikut delapan rekomendasi kampus Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiainstagram/ugm.yogyakarta

Prodi Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2014. Prodi ini masuk daftar favorit incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Ujian Mandiri.

Meski peminatnya banyak, pada SBMPTN 2019 ini Universitas Gadjah Mada hanya menyediakan 36 kursi untuk Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Wah, persaingan bakal ketat banget, nih!

2. Universitas Indonesia

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiaui.ac.id

Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia di mana Prodi Hubungan Internasionalnya juga mendapat predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia, wajar jika UI menjadi tujuan favorit para calon mahasiswa.

Persaingan di Prodi Hubungan Internasional UI jauh lebih ketat dari UGM. Tahun 2019 ini hanya dibuka 17 kursi saja untuk Prodi Hubungan Internasional lewat jalur SBMPTN.

 

3. Universitas Padjajaran

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiaquipper.com

Kampus Hubungan Internasional favorit lainnya terletak di Bandung, Jawa Barat. Prodi Hubungan Internasional Universitas Padjajaran lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yaitu pada tahun 2011.

Prodi ini termasuk jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Pada SBMPTN 2019 ini, Unpad menyediakan kuota sebanyak 60 kursi untuk Prodi Hubungan Internasional.

4. Universitas Jember

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiaunej.ac.id

Sudah tahu belum kalau Universitas Jember adalah perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur? Kampus yang berlokasi di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Prodi Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

Universitas Jember atau yang lebih sering disebut Unej, menyediakan kuota cukup banyak untuk Prodi Hubungan Internasional, yaitu 75 kursi pada SBMPTN 2019. Peluang lebih besar, nih ketimbang tiga kampus sebelumnya.

5. Universitas Airlangga

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesianews.unair.ac.id

Masih di Jawa Timur, Prodi Hubungan Internasional di Universitas Airlangga Surabaya juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Prodi ini sudah dinyatakan terakreditasi A sejak tahun 2011 oleh BAN-PT.

Daya tampung Prodi Hubungan Internasional Unair lewat jalur SBMPTN 2019 berjumlah 48 kursi. Bisa dijadikan alternatif pilihan melihat ketatnya persaingan di universitas negeri unggulan lainnya.

6. Universitas Riau

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiaquipper.com

Gak cuma di Pulau Jawa, Universitas Riau di Provinsi Riau juga memiliki Prodi Hubungan Internasional yang masuk daftar unggulan. Prodi ini bahkan sudah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013.

Bagi kamu yang berada di wilayah Riau dan ingin mengambil Prodi Hubungan Internasional di Unri, pada SBMPTN 2019 ini disediakan daya tampung sebanyak 64 kursi.

7. Universitas Katolik Parahyangan

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiaunpar.ac.id

Selain universitas negeri, Prodi Hubungan Internasional di beberapa perguruan tinggi swasta juga masuk daftar unggulan. Salah satunya adalah Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis moncer kebanggaan Indonesia, juga pernah mengenyam studi S1 Hubungan Internasional di sana, lho.

8. Universitas Paramadina

8 Rekomendasi Kampus Hubungan Internasional Terbaik di Indonesiayouthmanual.com

Selain Universitas Parahyangan, Prodi Hubungan Internasional di Universitas Paramadina juga punya track record bagus. Perguruan tinggi swasta di bilangan Jakarta Selatan ini juga sering dijuluki sebagai kampus artis.

Beberapa publik figur yang pernah mengenyam studi Hubungan Internasional di Universitas Paramadina adalah Luna Maya, Ashanty, dan pembalap Moreno Soeprapto.

 

Apakah kamu termasuk calon mahasiswa yang berminat mengambil Prodi Hubungan Internasional? Kampus mana, nih yang menjadi tujuanmu?

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »