KI Riau Ingatkan Sekolah Agar Transparan dalam Proses Penerimaan Siswa Baru

Dibaca: 25262 kali  Jumat, 14 Juni 2019 | 14:52:22 WIB
KI Riau Ingatkan Sekolah Agar Transparan dalam Proses Penerimaan Siswa Baru
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Dalam waktu dekat, sejumlah sekolah akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Agar proses PPDB berjalan lancar, Komisi Informasi (KI) Riau mengingatkan para pihak sekolah melakukannya secara transparan.

"Beberapa waktu lalu, Komisi Informasi (KI) Riau pernah menyidangkan sengketa informasi penerimaan siswa baru di sekolah. Nah, untuk tahun ini, kita berharap, sengketanya tak muncul lagi," ujar Komisioner KI Riau Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI), Alnofrizal MIKom.

Diharapkan Alnofrizal, ada beberapa informasi yang mestinya terang dan jelas dalam proses PPDB ini. Misalnya, informasi kuota siswa baru, jalur penerimaan PPDB dan juga informasi zonasi.

"Dalam kasus sebelumnya, sengketa muncul karena ketidakjelasan tentang kuota penerimaan siswa baru, berapa sebenarnya jumlah peserta didik yang diterima, dan berapa pula tambahan kuota peserta didik di sekolah tersebut," ujar Alnofrizal.

Selain itu, Alnofrizal berharap masyarakat aktif mencari informasi yang jelas tentang PPDB ini. Dan kalau memang ada informasi yang belum terang, masyarakat diminta langsung mendatangi sekolah dan memintai informasinya sesuai dengan prosedur yang ada.

"Dan untuk pihak sekolah, kita juga minta agar membentuk pusat layanan informasi sehingga masyarakat terlayani dengan baik jika mereka ingin mencari informasi yang benar," tutup Alnofrizal.(ckp)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »