Tiket Mahal Bandara SSQ Pekanbaru Merugi Rp.12 M

Dibaca: 27287 kali  Kamis, 09 Mei 2019 | 14:43:29 WIB
Tiket Mahal Bandara SSQ  Pekanbaru Merugi Rp.12 M
Ket Foto :

PEKANBARU - Dampak dari mahalnya harga tiket penerbangan, PT Angkasa Pura II selaku otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) di Kota Pekanbaru, Riau, rugi Rp12 Miliar,  karena menurunnya jumlah penumpang.

"Total kerugian kalau sudah tiap bulan rata-rata Rp3 miliar, sudah berlangsung empat bulan, ya sudah Rp12 miliar kerugian yang minimum kita rasakan," kata Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara.

Sirait mengaku gagal faham mengapa perusahaan maskapai penerbangan tak kunjung menurunkan harga tiket pesawat, padahal Menteri Perhubungan Budi Karya sudah memerintahkan hal tersebut berkali-kali. Sedangkan PT Angkasa Pura II sebagai operator bandara tidak punya wewenang dalam penentuan harga tiket pesawat.

"AP II sebagai operator bandara tak punya wewenang untuk menekan harga tiket, hanya bisa mengimbau. Penyebab kenaikan ini juga kita masih bingung. Salah satunya menurut mereka adalah avtur, tapi avtur kan dibandingkan dengan luar negeri masih sama," katanya.

Sejak awal tahun rata-rata jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Bandara Pekanbaru anjlok 28 hingga 30 persen. Jumlah penerbangan sebenarnya juga terkena dampak karena frekuensi penerbangan datang dan pergi ke Pekanbaru berkurang 28 penerbangan dalam sehari.

Penerbangan internasional juga lesu karena maskapai Air Asia membatalkan penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia, sejak 7 hingga 23 Mei 2019.(ra)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »