Tiga Ribuan Saksi Demokrat Kawal TPS

Dibaca: 42578 kali  Selasa, 02 April 2019 | 18:03:14 WIB

PEKANBARU-riautribune: Partai Demokrat Rohul akan mengerahkan tiga ribu lebih saksi untuk memantau jalannya pemilu pada 17 April nanti. Mereka akan bertugas dari TPS hingga pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan mengerahkan sebanyak 3.030 saksi di hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 17 April 2019. 

Ribuan saksi Partai Demokrat i‎ni akan diterjunkan untuk mengawasi jalannya Pemilu 2019, serta mengamankan suara partainya di 1.515 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 145 desa di 16 kecamatan, termasuk pleno perhitungan suara tingkat kecamatan dan kabupaten.

Sebelum diturunkan, seluruh Koordinator Saksi yang juga Calon Legislatif Partai Demokrat diberi pembekalan dan pemantapan, di acara Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Serta Pemantapan Saksi DPC Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu menghadapi Pemilu 2019 di Sapadia Hotel Pasirpangaraian, Selasa (2/4/2019). 

‎Ketua DPC Partai Demokrat Rokan Hulu Kelmi Amri SH mengatakan dari Rakor dan Konsolidasi dengan nara sumber dari pengurus DPC dan DPD Partai Demokrat Provinsi Riau, diharapkan para Koordinator Saksi paham akan tugasnya di lapangan di hari H Pemilu 2019.

"Kita ingin terjadi kesepahaman yang utuh tentang tugas-tugas dan SOP (standar Operasional Prosedur) saksi yang menjadi tanggung jawab saksi di lapangan," jelas Kelmi usai membuka Rakor dan Konsolidasi.

"Kita ingin hasil dari proses pemungutan suara pada 17 April itu, selambat-lambatnya jam 12 malam (tengah malam) kita sudah mendapatkan perhitungan yang akurat dari saksi kita," tambahnya.

Kelmi mengaku tugas saksi di hari pemungutan suara bukanlah tugas yang mudah, apalagi tingkat pemahaman para saksi di lapangan masih sangat minim. 

"Makanya kita perlu menekankan kepada Koordinator Saksi yang mana merupakan Caleg, dibantu DPC betul-betul memberi pembekalan yang baik nanti kepada saksi di lapangan," harap Kelmi.(rls)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »