Pentingnya Lingkungan Hidup Untuk Kelangsungan Generasi yang Sehat

Dibaca: 16876 kali  Kamis, 14 Maret 2019 | 13:25:08 WIB
Pentingnya Lingkungan Hidup Untuk Kelangsungan Generasi yang Sehat
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune :  Dalam menyikapi pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan yang berpotensi terjadi di Provinsi Riau, Universitas Riau (Unri), Gubernur Riau, Bupati dan Walikota, tokoh masyarakat, dunia usaha yang ada di Provinsi Riau mengadakan pertemuan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (4/3/2019) di Balai Srindit Gedung Daerah Provinsi Riau.

 

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unri dengan BNPB. “Provinsi Riau secara geografis berada di daerah pesisir. Ada sebanyak 60 persen wilayah Riau adalah kawasan gambut. Kondisi inilah yang bisa berpotensi terjadinya bencana kebakaran.” Hal ini disampaikan Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA saat memberi sambutan dihadapan peserta kegiatan.

 

“Munculnya bencana asap ini, seolah-olah sudah seperti rutin terjadi di Riau. Kampus sempat diliburkan selama satu bulan. Sehingga bisa kita simpulkan, sangat banyak dampak yang buruk yang terjadi dari bencana asap ini. Oleh karena itu, yang menjadi tugas kita bersama adalah bagaimana mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di Riau? Satu diantaranya adalah melalui komitmen bersama,” terang Aras.

 

“Perhatian Unri terhadap penanggulangan maupun pencegahan bencana telah kita lakukan, namun secara formal bentuk ikatan dari kerja sama dalam berbagai pihak telah dilakukan oleh Unri melalui penandatanganan MoU. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak saangat kita perlukan,” terang Guru Besar Unri Bidang Perikanan dan Kelautan Unri ini.

 

“Melalui kerjasama Unri dengan BNPB ini, kita harap dapat memberikan manfaat dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Pengembangan sdm dan penanggulangan bencana,” terang Aras.

 

Pada pertemuan tersebut, Drs H Syamsuar MSi, juga berkomitmen dalam upaya perhatian terhadap lingkungan. “Kita akan melakukan penghijauan di kawasan Provinsi Riau dalam rangka perhatian terhadap kelangsungan lingkungan hidup.”

 

Pada pertemuan tersebut, Kepala BNPB-RI Letjen Doni Monardo, menyambut baik komitmen dari Gubernur Riau. “Saya sangat apresiasi terhadap Gubernur Riau serta pihak yang memiliki komitmen dalam memperhatikan lingkungan seperti Universitas Riau dalam bidang penelitian, serta masyarakat yang peduli terhadap lingkungan”.

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »