Dr Yusuf Daeng :"Jadi Paralegal Jangan Motivasinya Uang Saja"

Dibaca: 37680 kali  Sabtu, 29 Desember 2018 | 15:54:07 WIB
Dr Yusuf Daeng :
Ket Foto : Dr.Yusuf Daeng

PEKANBARU-riautribune:Sebagai seorang paralegal hendaknya bisa membantu masyarakat kurang mampu dalam menghadapi persoalan hukum, jadi bukan hanya motivasi uang saja, namun ada juga nilai-nilai pengabdian yang dimilikinya. Demikian diungkapkan oleh Dr.Yusuf Daeng dihadapan sejumlah peserta pelatihan paralegal yang digelar oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rajapekad Riau, Sabtu (29/12) di Pangeran hotel.
  H.Dr.Yusuf Daeng SH,MH juga menegaskan bahwa pentingnya penguasaan seorang paralegal dalam hal mediasi setiap kasus yang muncul dari para kliennya. "Profesionalitas seorang paralegal adalah mampu menyelesaikan kasus tidak sampai pada jenjang pengadilan. Jadi dengan proses ligitasi dia bisa menyelesaikan persoalan dan kedua pihak menerima dengan baik,"Ucap Daeng yang juga dikenal sebagai dosen di hukum pidana
  Ditegaskannya, dalam salah satu materi pelatihan seorang paralegal harus mampu mengkalkulasikan kasus yang dihadapinya. Dalam kalkulasi tersebut, terdapat sejumlah item, seperti objek, jenis kasus yang tengah dihadapi, klien yang tengah kita dampingi, kemudian lawan, Tingkat kerumitan kasus, alat bukti, saksi-saksi dan pengetahuan klien terhadap hukum.
  "Dari item itu, seorang Paralegal telah mengkalkulasikan kondisinya, sehingga bisa melihat medan yang akan dihadapainya. Dan ini juga yang akan mendorong Paralegal tadi untuk melakukan tindakkan ataupun langkah dalam menyelesaikan kasus yang akan dijalankan, sehingga upaya mediasi pun bisa saling lik and macth,"Ucap Yusuf kepada media saat diwawancarai disela-sela acara pelatihan. (RLS)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »