HUT Ke-67 IBI,

Wardan: Terima Kasih atas Pengabdian yang Luar Biasa

Dibaca: 2437 kali  Jumat, 09 November 2018 | 15:26:17 WIB
Wardan: Terima Kasih atas Pengabdian yang Luar Biasa
Ket Foto : foto ikc

TEMBILAHAN - riautribune : Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang diselenggarakan oleh IBI Cabang Indragiri Hilir, Kamis (8/11/2018), di gedung Engku Kelana Tembilahan. Peringatan HUT Ke-67 IBI ini mengangkat tema 'Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui Germas Dan Pelayanan Berkualitas'.

 

HUT Ke-67 IBI dibuka secara resmi oleh Bupati Inhil, HM Wardan diawali dengan penyerahan cinderamata dari IBI Cabang Indragiri Hilir. Selain Bupati Inhil, HUT Ke-67 IBI ini turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan Forkopimda Kabupaten Inhil, Perwakilan IBI Provinsi Riau dan sekitar 836 anggota aktif IBI Cabang Indragiri Hilir.

 

Diawal sambutannya, Bupati Inhil, HM Wardan mengucapkan selamat atas HUT Ke-67 IBI ini. Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap para bidan yang bertugas di daerah - daerah se-Kabupaten Inhil. Hal yang menurut Bupati sangat membanggakan adalah ketika Dirinya melihat salah seorang bidan yang bertugas di pelosok daerah Kabupaten Inhil, Rosmiati diekspose oleh media televisi swasta nasional beberapa waktu lalu.

 

"Terima kasih sekali lagi Saya ucapkan atas pengabdian yang luar biasa. Saya melihat, Rosmiati tidak mengenal waktu, malam maupun subuh demi memberikan pelayanan kepada masyarakat," tukas Bupati.

 

Dengan kondisi geografis Kabupaten Inhil yang berpulau dan terdiri atas banyaknya wilayah perairan, diakui Bupati, cukup menyita waktu untuk mengakses satu daerah ke daerah lainnya. Namun, kondisi tersebut ternyata tidak melemahkan semangat Rosmiati dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat.

 

"Hal ini patut diapresiasi. Demi tugas bidan ini telah menunjukkan pengabdiannya yang luar biasa bagi masyarakat di Desa Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong tempatnya bertugas," kata Bupati. Sesuatu yang membanggakan lainnya, yang ditorehkan oleh Bidan -Bidan Inhil, dijelaskan Bupati adalah menurunnya Angka Kematian Ibu dan Bayi.

 

Pada tahun 2018 ini, lanjutnya, Kabupaten Inhil telah mampu bercokol pada posisi ke-4 Angka Kematian Ibu dan Bayi terendah dari 12 Kabupaten / Kota se-Provinsi Riau. "Ini berkat kerja keras para bidan Inhil yang tidak mengenal lelah," ujar Bupati. Lebih lanjut, selaku Kepala Daerah, Bupati mengaku sering berkunjung ke Desa - Desa, Kecamatan - Kecamatan tempat bidan bertugas. Disana, Dia melihat secara umum, para bidan Inhil telah bekerja dengan baik.

 

"Mulai dari Posyandu, Puskesmas yang Saya kunjungi, semua bidan terpantau baik kerjanya, meski berada di daerah pelosok," pungkas Bupati. Kendati demikian, diakui Bupati, dalam pantauan yang dilakukan, Dirinya masih menemukan Bidan yang meninggalkan tempat tugasnya tanpa izin dari perangkat desa setempat.

 

"Mungkin tidak banyak. Tetapi hendaknya, nanti kalau mau izin tugas, lapor dulu kepada Kepala Desa tempat kita bertugas," tandas Bupati. Sebelumnya Ketua IBI Cabang Inhil, Fitri Hastuti mengatakan, dalam usia yang cukup matang, yakni 67 tahun, telah banyak hal yang dilalui oleh IBI Cabang Inhil sebagai sebuah organisasi profesi.

 

"Pengalaman - pengalaman tersebut salah satunya berkenaan dengan pelayanan kesehatan dalam era globalisasi," tutur Fitri Hastuti. Secara nasional, menurut Fitri Hastuti, saat ini IBI telah tumbuh dan berkembang dengan pesat, demikian pula dengan IBI Cabang Inhil. Hal ini, lanjutnya, tentu akan turut menambah banyaknya tantangan yang akan dihadapi, baik dari dalam maupun dari luar organisasi.

 

"Tantangan dari dalam dimaksud itu seperti jumlah anggota yang kian bertambah dengan tingkat kompetensi yang bervariasi," ungkap Fitri Hastuti. Solusi yang ditemukan IBI Cabang Inhil atas perbedaan tingkat kompetensi ini, diungkapkan Fitri Hastuti adalah melalui penyelenggaraan pelatihan - pelatihan bagi para bidan.

 

"Alhamdulillah, telah banyak bidan yang melalui pelatihan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Inhil atas dukungannya dalam upaya peningkatan kompetensi para bidan Inhil," kata Fitri Hastuti. Peringatan HUT Ke-67 IBI ini diisi juga dengan serangkaian kegiatan, seperti Seminar dan Workshop yang juga digelar di gedung Engku Kelana Tembilahan dan diikuti oleh anggota IBI Cabang Inhil dan seluruh ranting.(ikc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »