Survei Internal Demokrat: Elektabilitas Jokowi Cuma Unggul Tipis

Dibaca: 2028 kali  Rabu, 07 November 2018 | 13:39:44 WIB
Survei Internal Demokrat: Elektabilitas Jokowi Cuma Unggul Tipis
Ket Foto :

Jakarta - Riautribune:Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya memiliki survei internal elektabilitas calon presiden. Ferdinand mengklaim elektabilitas Prabowo Subianto tak tertinggal jauh dari Joko Widodo alias Jokowi.

 

"Kalau head to head memang Pak Jokowi masih unggul, tetapi selisihnya tidak jauh. Tinggal satu digit," kata Ferdinand di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa malam, 6 November 2018. Ferdinand tak merinci berapa besarnya survei tersebut.

 

Namun dia mengklaim selisih elektabilitas capres inkumben dan penantang itu kini sudah di bawah angka 10 persen. Ia menyebut angka itu merupakan hasil survei periode Oktober lalu.

 

Menurut Ferdinand, ada lebih dari 2.000 responden yang dilibatkan di seluruh Indonesia. Juru bicara Badan Pemenangan Prabowo ini mengatakan koalisi berharap bisa menyalip elektabilitas Jokowi dan membalikkan keadaan di pilpres nanti.

 

Menurut perkiraan, kata Ferdinand, elektabilitas Prabowo sudah akan bisa mengungguli Jokowi sekitar bulan Februari 2019. Adapun hasil pilpres, kata dia, Prabowo diharapkan akan menang dengan perolehan suara sekitar 55 persen.

 

"Sampai April nanti kami berharap bisa membalikkan situasi. Target kami tidak sampai 60 persen barangkali, tetapi mungkin di 55, 56, 57 persen kami akan memperoleh suara," ujarnya.

 

Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan elektabilitas calonnya menunjukkan peningkatan yang positif. Dia mengatakan masih ada waktu lima bulan lagi menjelang pilpres.

 

"Kami masih punya waktu lima bulan lebih untuk mendesain kampanye terus memanfaatkan suara swing voters dan bahkan mungkin menarik para pendukung Pak Jokowi-Ma’ruf Amin," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah ini.(tmp)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »