Anggota TNI Asal Dumai, Penemu Black Box JT 610

Dibaca: 6478 kali  Kamis, 01 November 2018 | 21:53:19 WIB
Anggota TNI Asal Dumai, Penemu Black Box JT 610
Ket Foto : Sertu Hendra, Anggota TNI Asal Dumai saat ini tergabung di Taifib I Marinir

PEKANBARU-riautribune: Sertu Hendra penemu bagian black box yang bernama flight data recorder (FDR), Kamis 1 november ,milik pesawat Lion Air JT  JT610 ternyata berasal dari Dumai, Riau. Sertu Hendra mulai masuk TNI sejak Maret 2005, lahir 10 Juni 1985, dan saat ini tergabung dalam Batalion Intai Amfibi atau biasa dikenal sebagai Taifib I Marinir, yang juga Komando Pasukan Marinir (Pasmar) 1.
  Prajurit Korps Marinir Sertu Hendra Syahputra menemukan FDR black box Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang. Atas prestasinya, Sertu Hendra pun mendapat hadiah dari atasannya. 

Hadiah tersebut diberikan oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono langsung di atas KR Baruna Jaya. Ditanya apa hadiahnya, Laksamana Muda Yudo memilih merahasiakannya. Selain Sertu Hendra, hadiah diberikan kepada seorang komandan penyelam. 

"Sementara reward saja, nanti biar dibuka sendiri sama dia, nggak boleh dibocorkan, biar dia yang buka saja," ujar Yudo Kamis (1/11/2018). 
  
  Usai mengangkat black box dari dasar laut, Sertu Hendra membagikan pengalamannya. Hendra mengatakan penyelam dari Batalion Intai Amfibi (YonTaifib) awalnya melakukan pencarian black box dan badan pesawat Lion Air. Penyelaman yang juga dilakukan bersama petugas KNKT itu mengalami kendala.


"Kami melakukan penyelaman, memang bentuk kontur bawahnya lumpur, agak sulit, dan serpihan pesawat di mana-mana. Dan kebetulan dengan alat yang kami dipinjami dan digunakan, kami percaya alat," kata Hendra.

Foto: Sertu Marinir Hendra Syahputra. (Dok Istimewa).

Penyelam juga sempat merasa putus asa. "Kala itu kami putus asa mengikuti alat karena tidak banyak ditemukan bongkahan, hanya bongkahan-bongkahan kecil," ujar Hendra.

Namun para penyelam pantang menyerah dan terus mengikuti alat meski sepertinya diarahkan menuju area yang serpihan pesawatnya minim. Namun ternyata black box itu memang tak berada di dalam pecahan bodi pesawat.

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »