Lurah Sukajadi Luncurkan Bank Sampah Kamboja Indah

Dibaca: 10640 kali  Selasa, 16 Oktober 2018 | 20:08:17 WIB
Lurah Sukajadi Luncurkan Bank Sampah Kamboja Indah
Ket Foto : Foto bersama di dalam ruangan Bank Sampah Kamboja Indah, usai peluncuran.

PEKANBARU – Menindaklanjuti program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk pendirian Bank Sampah disambut langsung Kelurahan Sukajadi dengan meluncurkan Bank Sampah Kamboja Indah yang berada di Jalan Kamboja, Sukajadi, Pekanbaru.
 Lurah Sukajadi Akhyar Junaidi melalui sambungan teleponnya akhir pekan lalu mengatakan, peluncuran atau launching Bank Sampah Kamboja Indah ini sudah dilakukan pada awal Oktober lalu tepatnya Rabu, 3 Oktober 2018. Ikut hadir pada kegiatan peluncuran Bank Sampah tersebut, Sekcam Sukajadi, Babinsa, Babinkantibmas Sukajadi, Ketua RW dan RT Kelurahan Sukajadi dan dari pihak pengepul sampah.
Lurah Sukajadi Akhyar Junaidi mengatakan, keberadaan Bank Sampah di tengah-tengah masyarakat ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sampah.

 

 

 

“Bank sampah juga bisa bermanfaat bagi perekonomian warga dengan mengelola sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi,”katanya. Dijelaskan Akhyar Junaidi, Bank Sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya.

Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

“Jadi tujuan bank sampah itu sendiri untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis,”jelasnya.

Lurah Sukajadi menambahkan Bank Sampah yang pengelolaannya  dibawah binaan Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Sukajadi ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian warga di sekitar dalam pengelolaan sampah.
 "Selain itu, kami juga berharap bisa menyadarkan masyarakat akan kebersihan, keindahan itu sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari,"kata Akhyar Junaidi.
 Menurut Akhyar, jika pengelolaannya dengan baik dan serius, dia yakin sampah bisa menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi yang tentunya bisa membantu perekonomian warga atau keluarga dalam sehari-hari.
  “Saya menghimbau kepada warga khususnya warga Kelurahan Sukajadi untuk tidak membuang sampah sembarangan,”tutupnya.(rls)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »