Kabid Bantah Kegiatan Aspirasi Tidak Melalui Renja

Dibaca: 77159 kali  Jumat, 30 Oktober 2015 | 13:54:44 WIB

RENGAT-riautribune: Kabid Pengairan Dinas PU Pemkab Indragiri Hulu (Inhu), Hikmat Praja membantah pernyataan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) bahwa kegiatan yang ada di Satkernya di luar rencana kerja (renja). Bantahan itu dia tegaskannya bahwa mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan di Bidang Pengairan Dinas PU, telah melalui perencanaan yang matang.

Sebab, katanya lagi, terhadap hal tersebut, Kepala Bidang Pengairan Dinas PU jauh lebih tau dibandingkan  dengan Sekretaris Dinas PU selaku KPA. "Yang pasti semua kegiatan saya tercatat dalam renja dan kegiatan aspirasi itu pun berasal dari pokok-pokok pikiran anggota dewan," papar Hikmat.

Sebelumnya, dikabarkan sejumlah kegiatan yang bersumber dari APBD II Inhu tahun anggaran 2015 di Bidang Pengairan Dinas PU Pemkab Inhu tertunda bayar akibat Surat Permintaan Membayar (SPM) yang tidak kunjung ditandatangani Sekretaris Dinas PU, Tresiana Anomsari selaku KPA. Hal itu dikarenakan proyek aspirasi yang sudah dilaksanakan tersebut bertentangan dengan surat himbauan BPK yang diterima Dinas PU per Agustus tentang pelarangan seluruh pelaksanaan kegiatan di luar rencana kegiatan pemerintah daerah (RKPD).

"Benar, ada lima proyek di Bidang Pengairan yang belum saya tanda tangan SPM-nya karena kegiatan itu di luar RKPD," aku Sekretaris, Tresiana Anomsari diruang kerja beberapa waktu lalu.

Hanya saja, kata Tresiana, dalam waktu yang tidak terlalu lama proyek aspirasi di luar renja tersebut bisa dibayarkan dengan beberapa ketentuan dari BPK. BPK memberikan tolerans ikarena proyek aspirasi di luar RKPD tersebut sudah tanda tangan kontrak terhitung bulan Juni atau dua bulan sebelum Dinas PU Inhu, Agustus, menerima surat edaran dari BPK tentang pelarangan laksana kegiatan diluar RKPD. "Para rekanan harap bersabar. Toh nanti bisa dibayar setelah persetujuan BPK," imbuh Nana.

Sayangnya, pernyataan Tresiana Anomsari yang menyebut ada kegitan Bidang Pengairan di luar renja itu justru ditepis Kabid Pengairan. "Saya sebagai Kabid lebih tau dari Sekretaris dan semua kegiatan saya melalui renja dan bagian dari pokok-pokok pikiran dewan," bantahnya. (san)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »