Bakti Budaya Djarum Foundation Motivasi Seniman Muda Riau

Dibaca: 13873 kali  Kamis, 13 September 2018 | 13:09:41 WIB
Bakti Budaya Djarum Foundation Motivasi Seniman Muda Riau
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Garin Workshop bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menyelenggarakan program Ruang Kreatif di Kota Pekanbaru yang bertujuan untuk memotivasi dan menumbuhkan seniman-seniman muda asal Riau di bidang seni pertunjukan Indonesia.

"Seni Pertunjukan Indonesia, program yang telah berjalan selama 3 tahun ini melibatkan instruktur dari seniman professional yang akan membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif," kata  Pimpinan Garin Workshop Garin Nugroho, Rabu malam saat hadir pada  Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia, di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru.

Hadir dalam acara itu Adi Pardianto - Bakti Budaya Djarum Foundation, Garin Nugroho - Garin Workshop, Ayu Laksmi, dan Otniel Tasman - Peserta Terpilih Ruang Kreatif 2016.

Dikatakan Garin Nugroho di tahun 2018 ini, pihaknya berkolaborasi dengan seniman-seniman yang telah dikenal di kancah seni pertunjukan untuk menghadirkan serangkaian program mulai dari, roadshow Bincang Kreatif Sent Pertunjukan, seleksi Art Project Development Proposal, Pitching Forum, Workshop, Mentoring proses produksi seni pertunjukan terpilih, hingga pementasan yang akan dilakukan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Garin Workshop dalam roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia juga mempertemukan seniman pelaku seni pertunjukan ternama dengan seniman-seniman muda pelaku seni pertunjukan di berbagai daerah.

"Di tahun ke-3 ini, kami akan mengadakan roadshow di Pekanbaru, Solo, Bali, dan Makassar. Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan ini akan menjadi forum sharing, belajar, dan inspiratif. Dengan topik perbincangan Mengelola Kreativitas dan Produktivitas dalam Berkarya, kami harap program ini dapat membuka wawasan bagi para seniman-seniman muda yang ingin menampilkan karyanya," ujar Garin Nugroho.

Sambung dia salah satu program unggulan ruang kreatif adalah seleksi proposal seni pertunjukan atau Proposal Art Project Development. Program ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal.

Kompetisi ProposaI Art Project Development dibuka sejak 12 September 31 Oktober 2018 dan proposal yang dibuat dapat diunggah melalul website www.indonesiakaya.com ruangkreatif. Kemudian proposal yang masuk akan diseleksi dan yang terpilih akan berkesempatan untuk mengikuti workshop dengan diwakili oleh pimpinan produksl, dan mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis. cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal serta mengelola manajemen dalam sebuah produksi seni pertunjukan.

"Kami melihat bahwa banyaknya potensi karya-karya bagus yang dibuat oleh para seniman muda. namun sulit mendapat kesempatan untuk tampil karena kurangnya kemampuan mempresentasikan konsep dan karyanya ke pihak pendukung.

Dengan adanya rangkaian program ini dan adanya proses seleksi terbaik melalui mekanisme pitching forum di hadapan para juri profesional ini, diharapkan menjadi ajang pembelajaran para pimpinan produksi muda dalam mempresentasikan konsep dan larva seni pertunjukannya," tambah Garin.

Kelompok seni yang berhasil lolos dalam pitching forum kemudian akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di panggung Galeri Indonesia Kaya pada setiap akhir pekan di bulan Maret 2019. Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti.

Sementara itu Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian, menyebutkan program ruang kreatif ini selaras dengan visi dan misi Bakti Budaya Djarum Foundation untuk turut berperan serta dalam memajukan bangsa dengan menumbuhkan dan meningkatkan kualitas seniman-seniman muda, sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan Indonesia tetap ada.

"Sejak diselenggarakan di tahun 2016, jumlah proposal yang masuk semakin bertambah, dan kualitas produksi dan karya yang ditampilkan para peserta terpilih pun semakin membaik. Kami harap, di tahun ketiganya, semakin banyak lagi para seniman muda yang berpartisipasi dalam program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian.

Ditambahkan Renitasari pertunjukan yang diadakan di empat kota yaitu, Pekanbaru, Solo, dan Makassar ini akan menggandeng seniman senior yang berbakat di bidangnya seperti, Eko Supriyanto, Rama Soeprapto, lswadi Pratama, dan Ayu Laksmi. Tak ketinggalan, beberapa peserta terpiih di tahun-tahun sebelumnya pun turut hadir dalam roadshow kali ini, yaitu Otniel Tasman dari Otniel Dance Community, Mila Rosinta dari Mila Art Dance, Maharani dari Maha Dance, dan Meyda Bestari dari Flying Balloons Puppet yang akan berbagi pengalaman dalam mengikuti program ruang kreatif.

Ayu Laksmi yang turut hadir dalam roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia di Anjungan Idrus Tintin, Pekanbaru mengaku senang sekali karena  dapat berbagi pengalaman mengenai seni pertunjukan kepada para seniman-seniman muda ini.

Antusiasme para peserta yang hadir dalam acara Bincang Kreatif Seni Pertunjukan yang diselenggarakan oleh Garin Workshop dan Bakti Budaya Djarum Foundation Rabu malam sungguh luar biasa.

"Banyak sekali seniman muda Indonesia yang berbakat dan memiliki ide seni pertunjukan yang kreatif. Dengan adanya rangkaian program ruang kreatif ini, para seniman muda ini akan lebih dapat memproduksi kawa seni pertunjukan kolaboratif yang dapat dinikmati oleh masyarakat baik di dalam maupun di kancah internasional," pungkas Ayu Laksmi. (antr)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »