Advertorial

Pembinaan Petani Kelapa, Pemkab Inhil Telah Ajukan Anggaran, Ini Besarannya

Dibaca: 15696 kali  Rabu, 18 Juli 2018 | 14:33:35 WIB
Pembinaan Petani Kelapa, Pemkab Inhil Telah Ajukan Anggaran, Ini Besarannya
Ket Foto :

TEMBILAHAN - riautribune : Rencana Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, untuk meningkatkan nilai jual kelapa melalui pembinaan petani kelapa ke arah produksi turunan kelapa, ternyata bukan isapan jempol semata. Mulai tahun depan, pembinaan tersebut nampaknya akan segera terlaksana.

 

Seperti yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Inhil, Azwar, pihaknya telah mengajukan anggaran untuk mendukung rencana program tersebut. Tak tanggung-tanggung, nilai anggaran yang dialokasikan, direncanakan dapat membina 10 kelompok dari 10 kecamatan.

 

"Ya, kita sudah ajukan anggaran tersebut ke Bappeda Inhil untuk dimasukan dalam RAPBD Inhil 2019. Nilainya Rp1,5 miliar. Ini kita alokasikan bagi pembinaan untuk 10 kelompok petani di 10 kecamatan se-Inhil," ungkap Azwar.

 

Dijelaskan Azwar, anggaran sebesar itu akan digunakan pula untuk pembelian alat pendukung bagi pengolahan produk turunan kelapa yang akan dilatih kepada 10 kelompok tani. Produk sasarannya adalah minyak kelapa.

 

"Ini yang kita rencanakan. Pada tahap awal ini kita ingin fokus kepada satu produk turunan saja yaitu minyak kelapa," kata Azwar.

 

Pemilihan satu produk untuk fokus kerja, ungkap Azwar, diharapkan agar program dapat berjalan maksimal. Memilih minyak kelapa sendiri, katanya, sesuai dengan analisa pigaknya mengenai ketersediaan pasar.

 

"Kita memang sengaja pilih satu produk saja untuk fokus kerja. Kalau kita garap banyak-banyak, nanti justru tak ada yang selesai. Minyak kelapa sendiri, setelah kita analisa, ketersediaan pasar cukup besar. Ini yang pentingkan? Jangan sampai produk turunan dah jadi, malah pasarnya tak ada," pungkas Azwar. (Mal/ADV/Snj)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »