Advertorial

Digagas Diskominfops, Bupati Inhil Resmikan Peluncuran Sistem Inpas

Dibaca: 18034 kali  Senin, 16 Juli 2018 | 19:00:27 WIB
Digagas Diskominfops, Bupati Inhil Resmikan Peluncuran Sistem Inpas
Ket Foto :

Tembilahan - riautribune: Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meresmikan peluncuran sistem Informasi Pemerintah dan Masyarakat (Inpas) yang digagas Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfops), Senin (16/7/2018) malam.

 

Sistem Inpas yang merupakan aplikasi berbasis android ini, hadir di tengah - tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar Kabupaten Inhil.

 

Aplikasi Inpas yang juga adalah sebuah terobosan dari Diskominfops Inhil ini dengan pola city smart yang diadopsi bisa didapatkan dengan mengunduhnya langsung di Play Store atau App Store.

 

Pada acara peluncuran malam itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Sistem Inpas menjadi solusi atas keterbatasan akses informasi yang dihadapi saat ini.

 

"Kita patut mengapresiasi terobosan yang diciptakan Diskominfo. Sistem Inpas mempermudah masyarakat memperoleh informasi seputar Kabupaten Inhil, khususnya tentang Pemerintah Daerah," tukas Bupati di lapangan Kantor Bupati Inhil, Tembilahan.

 

Bupati menjelaskan, sebagaimana diketahui, kehadiran Sistem Inpas juga ditujukan sebagai bentuk implementasi Undang - undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

 

"Dengan diberlakukannya UU KIP itu, kehadiran sistem Inpas memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Diskominfo. Akses Informasi tentang Inhil dan Pemerintah Kabupaten merupakan hak masyarakat," papar Bupati.

 

Sementara itu, Kepala Diskominfops Inhil melalui Kepala Bidang P4KSDKI, Trio Beni Putra mengatakan, Sistem Inpas tidak hanya menjadi sebuah instrumen untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat, tetapi juga menjadi sarana untuk masyarakat menyampaikan informasi kepada pemerintah.

 

"Ada pertukaran informasi. Pelibatan masyarakat kita masukkan dalam mekanisme Sistem Inpas ini. Jadi, masyarakat tidak hanya mengakses, tapi juga bisa memberikan informasi. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan sistem Inpas," jelasnya.

 

Trio Beni Putra mengatakan, dengan pola city smart yang diadopsi dan karakteristik Fleksibel serta modern, secara teknis diyakini sistem Inpas akan mudah untuk dipahami penggunaannya.

 

"Lahirnya sistem Inpas diharapakan mampu mengakomodir seluruh kebutuhan informasi bagi masyarakat kedepannya. Apalagi, kami (Diskominfops, red) adalah PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil," tandas Inisiator Sistem Inpas itu.

 

Untuk diketahui, acara peluncuran Sistem Inpas ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan nonton bareng laga final Piala Dunia 2018, Prancis melawan Kroasia bersama Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan.

 

Hadir dalam acara peluncuran, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin, Ketua PWI Inhil, Indra Efendi, Ketua IWO Inhil, Muridi Susandi dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil serta ribuan masyarakat. (Mal/Diskominfops Inhil)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »