52 Ribu Wisatawan Diperkirakan Kunjungi Bakar Tongkang Sabtu Ini

Dibaca: 23470 kali  Sabtu, 30 Juni 2018 | 14:42:32 WIB
52 Ribu Wisatawan Diperkirakan Kunjungi Bakar Tongkang Sabtu Ini
Ket Foto :

PEKANBARU - Riautribune:Puncak event internasional Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hulu berlangsung hari ini, Sabtu, 30 Juni 2018. Bakar Tongkang sudah masuk dalam 100 dastinasi wisata Wonderful Indonesia dan mampu menyedot puluhan ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

Dalam catatan Dinas Pariwisata Provinsi Riau, pada event Bakar Tongkang tahun 2017 lalu, sebanyak 52 ribu wisatawan menujukkan perhatiannya pada perayaan ritual budaya Tiong Hoa di Bagansiapiapi ini. Dari total jumlah tersebut 22 ribunya terdiri dari wisatawan asing dari berbagai negara.

 

Diperkirakan pada pergelaran Bakar Tongkang tahun ini jumlahnya sama. "Kami harap tahun ini masih memberikan daya tarik wisatawan seperti tahun kemarin, kalau bisa lebih. Pergerakan event ini memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Riau, karena akan ada perputaran ekonomi yang pasti dalam setiap pergelaran Bakar Tongkang ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman, Sabtu, 30 Juni 2018.

 

Dia menambahkan, memang pada momentum Bakar Tongkang efek positif diharapkan muncul dari wisatawan. Diperkirakan dalam sekali event Bakar Tongkang ada sekitar 704 dolar perbelanjaan wisatawan asing dalam setiap pergelaran ini. "Kalau kita kalikan saja dengan kurs rupiah Rp13.140, bisa dihitungkan ada berapa banyak uang keluar dalam event Bakar Tongkang di Bagansiapiapi ini," katanya.

 

Fahmi menjelaskan, tahun 2017 lalu Riau memberikan sumbangan sampai Rp4,2 triliun terhadan PDB nasional dan sebagian besar disumbangkan dari pergelaran budaya Bakar Tongkang. "Kami mendukung pergelaran Bakar Tongkang ini dari aspek promosi yang pasti. Kerena mereka sudah punya komunitas atau wisatawan tetap. Sejauh ini tidak ada persoalan termasuk untuk jalur masuk melalui penerbangan," sambungnya. (bpc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Senin, 19 November 2018 - 13:09:05 WIB

Ketua DPR Apresiasi ARDINDO Berdayakan Koperasi dan UMKM

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bangga terhadap Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) yang berhasil meluncurkan ARDINDO MART sebagai sebuah upaya memberdayakan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sekaligus, mendorong jiwa kewirausahaan dalam mendongkrak perekonomian nasional.