Puncak Gema Muharram

Bupati Ajak Puluhan Ribu Masyarakat Berdoa Agar Terhindar dari Bencana

Dibaca: 92246 kali  Sabtu, 24 Oktober 2015 | 19:23:33 WIB

TEMBILAHAN-riautribune: Event Wisata Religi Gema Muharram yang ditaja Pemkab Indragiri Hilir berlangsung sukses. Puluhan ribu masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Inhil, hadir pada puncak acara yang digelar di Lapangan Upacara Jalan Gajah Mada Tembilahan, Jumat (23/10). Dengan pakaian serba putih mereka dengan khusuk melantunkan Salawat Nariyah.

Sebelum acara puncak digelar, puluhan ribu jamaah yang hadir melakukan doa dan Istighotsah serta pembacaan salawat nariyah secara massal. Selanjutnya, dipimpin langsung Bupati Inhil HM. Wardan jamaah bergerak melakukan pawai mulai dari Prof. M Yamin dan finis ke ke Lapangan Upacara Jalan Gajahmada. Pawai ini diisi dengan penampilan kesenian dari berbagai paguyuban.

Kegiatan ini dihadiri Plt. Gubri Arsyadjuliandi Rahman diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal Usman, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Tarmizi Tohor, pejabat dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Inhu, anggota DPRD Riau asal pemilihan Inhil. “Kegiatan ini sebagai kegiatan iven wisata religi Gema Muharram yang rutin kita laksanakan setiap tahunnya,” kata Bupati Inhil yang terkenal agamis ini.

Pada kesempatan ini juga diserahkan nasi tumpeng dan hasil bumi kepada Bupati Inhil, HM. Wardan oleh Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Indragiri (Pamaji) RM Sudinoto. Tradisi itu merupakan budaya yang terus dikembangkan dengan harapan agar Kabupaten Inhil semakin maju dan dijauhkan dari segala mara bahaya.

Disampaikan Bupati, kegiatan religi ini berlangsung sejak tanggal 1 sampai 9 Muharram atau 13 hingga 23 Oktober. Artinya, selama 10 hari 9 malam sejumlah kegiatan bernuansa Islam seperti, Lomba Shalawat Nariyah, Syair Ibarat, Rebana, Kaligrafi dan lainnya. Semua itu bertujuan membudayakan ajaran Islam.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor menyatakan, kegiatan ini sangat membantu kerja lembaganya, karena telah membina kehidupan beragama. Tarmizi berharap kegiatan seperti ini terus dipertahankan, karena sangat bermanfaat bagi membina umat khusnya para generasi muda.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal Usman mengatakan, kegiatan iven Wisata Gema Muharram sangat bagus bagi pengembangan dan menarik wisatawan datang ke Riau, khusunya Kabupaten Inhil. Apalagi Inhil salah satu daerah yang melaksanakan iven ini dengan meriah dan unik. Kegiatan ini ditutup dengan berbuka puasa bersama, solat magrib berjamaah. Namun sebelum itu juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan Ustad Fikri Haikal MZ.(adv/hms/ehm)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »