Demokrat: Pengangkatan Penjabat Gubernur Jabar Langgar 3 Undang-undang

Dibaca: 10461 kali  Kamis, 21 Juni 2018 | 13:14:53 WIB
Demokrat: Pengangkatan Penjabat Gubernur Jabar Langgar 3 Undang-undang
Ket Foto :

Jakarta - Riautribune:Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan pelantikan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhanas Komjen Mochamad Iriawan menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat melanggar beberapa aturan-Undang.

 

Salah satunya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. "UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada yang menyatakan bahwa TNI dan Polri harus bersifat netral tidak boleh melaksanakan politik praktis di dalam pelaksanaan pilkada ini," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/6/2018).

 

Ia menjelaskan, pelantikan Iriawan juga melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian dan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam Undang-Undang itu disebutkan bahwa jika ingin menjadi pejabat, Polisi yang bersangkutan harus mengundurkan diri terlebih dahulu.

 

"Kepolisian RI bisa ditugaskan untuk menjadi Pjs namun harus mundur terlebih dahulu. Setelah mundur terlebih dahulu kemudian ditentukan ataupun dipilih oleh pemerintah dengan persyaratan-persyaratan tertentu dengan kualifikasi tertentu kemudian ditentukan oleh pemerintah," ujarnya. "Ketiga adalah pelanggaran UU dari ASN yaitu UU Tahun 2014 itu dinyatakan bahwa untuk menduduki pejabat tinggi madya tersebut TNI dan Polri diharuskan mengundurkan diri terlebih dahulu," sambungnya.

 

Karena pelanggaran itu, lanjut Agus, Fraksi Partai Demokrat akan segera menggulirkan hak angket. Wakil Ketua DPR ini juga optimis pansus angket akan terbentuk. "Yang jelas saat ini kita sudah kordinasi persyaratan hak angket itu diajukan oleh 20 anggota DPR lebih dari dua fraksi ini persyaratan ini sedang diikuti dan dalam waktu secepatnya akan disampaikan kepada pimpinan DPR," ucapnya.(l6c)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Senin, 19 November 2018 - 13:09:05 WIB

Ketua DPR Apresiasi ARDINDO Berdayakan Koperasi dan UMKM

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bangga terhadap Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) yang berhasil meluncurkan ARDINDO MART sebagai sebuah upaya memberdayakan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sekaligus, mendorong jiwa kewirausahaan dalam mendongkrak perekonomian nasional.