Dede Yusuf Minta Menkes Tak Pulang Kampung di Musim Mudik

Dibaca: 12328 kali  Sabtu, 09 Juni 2018 | 11:33:32 WIB
Dede Yusuf Minta Menkes Tak Pulang Kampung di Musim Mudik
Ket Foto :

Bandung - Riautribune:Jelang lebaran, Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf Macan Effendi meminta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek untuk tidak pulang kampung di musim mudik. Pasalnya, mulai malam ini rakyat Indonesia mulai mudik ke kampung halamannya.

 

Alasannya, karena pada arus mudik lebaran ini akan terjadi pergerakan barang dan manusia dalam jumlah jutaan di titik-titik jalur mudik. "Saya meminta Menteri Kesehatan agar dalam lebaran ini harus standby, tidak pulang kampung. Kenapa? Beliau harus memantau kondisi, rumah sakit, tenaga medis, pos-pos kesehatan yang ada di sepanjang jalur tersebut, jangan sampai kosong," katanya di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jumat (8/6/2018).

 

Dede juga berharap, Kementerian Kesehatan memberi sosialisasi kepada pemudik untuk membawa persediaan makanan di luar kesiapan fisik dan kendaran. "Informasikan kepada masyarakat yang pulang mudik, jangan hanya kendaraannya saja disiapkan, tapi fisiknya juga disiapkan. Ngantuknya, laparnya, hausnya, karena sepanjang perjalanan bisa saja dehidrasi, kecapekan, semua itu harus diinformasikan," tutur Dede. Dia berujar, hal tersebut harus segera dilakukan.

 

Sebab menurut Dede, banyak jalur-jalur mudik yang saat ini masih dalam tahap pembangunan atau belum selesai. "Pengalaman saya pribadi bolak-balik Jakarta-Bandung, yang dulu hanya tiga jam sekarang bisa enam-tujuh jam. Itu hari bisa, apalagi kalau lebaran," jelas politikus Demokrat itu.

 

Dede mengingatkan, jangan sampai insiden Brebes-Exit (Brexit) kembali terjadi pada mudik tahun ini. Seperti diketahui, pada musim mudik 2016, beberapa orang tewas saat macet parah terjadi di Brexit. "Akan jadi kekawatiran saya, juga terjadi stuck yang begitu padat sebagaimana cerita brexsit dulu, apalagi ada pintu-pintu yang baru," tutup Dede. (dnc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Sabtu, 23 Juni 2018 - 11:00:41 WIB

Kawanan Perampok Satroni Indomaret 67 Harapan Raya Pekanbaru

Kawanan perampok menyatroni sebuah toko ritel Indomaret 67 di Jalan Imam Munandar, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Sabtu (23/06/18) pukul 05.40 WIB pagi. Pelaku yang berjumlah lebih dari satu orang tersebut bahwa sempat menodongkan sepucuk senjata api revolver kepada dua orang karyawan di TKP, Ramana Sakti (22) dan Asbi Aidil (22)