Ketika Kodim Berikan Konseling kepada Eks Napi Teroris di Rohil

Dibaca: 20641 kali  Sabtu, 19 Mei 2018 | 09:06:12 WIB
Ketika Kodim Berikan Konseling kepada Eks Napi Teroris di Rohil
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI - riautribune: Dandim 0321/ Rohil, Letkol Inf Didik Efendi menyebutkan, hingga saat ini belum terpantau jejak teroris memasuki wilayah Rokan Hilir. Walaupun sudah ada terduga teroris yang menyerang Mapolda Riau telah dibekuk di Rupat dan Dumai yang merupakan berbatasan langsung dengan Kabupaten Rokan Hilir.

 

Walaupun tidak ada teroris di Rohil, Eks komandan Yonif Raider 100, mengungkapkan, ada juga mantan Napi teroris yang sudah kembali ke Rohil. Mereka menyatakan khilaf karena sudah belajar paham radikalisme yang bertentangan dengan ajaran Islam.

 

" Para mantan napi teroris yang kembali ke Rohil sudah mendapat hidayah kembali ke jalan yang benar. Adapun tindakan yang dilakukan TNI adalah melakukan penggalangan kemudian konseling terhadap mereka dan berikan masukan agar kedepan jangan sampai nanti disusupi paham radikal," kata Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Didik Efendi, Jumat (18/5/2018).

 

Dia menghimbau kepada masyarakat Rohil dan warga negara di Indonesia jangan sampai mudah untuk disusupi paham radikal seperti ini. Karena berkaca dari para eks Napi teroris, mereka mengakui, ajaran yang mereka pelajari ternyata jauh menyimpang dari ajaran Islam.

 

Belajar dari apa yang terjadi di beberapa wilayah terkait keberadaan pelaku teroris, Didik meminta peran aktif warga untuk memonitor tetangganya. Jangan apatis terhadap warga baru dan harus cepat melapor kepada aparat setempat jika menemukan seseorang yang mencurigakan.

 

" Biasanya setelah kita pelajari, rata rata mereka yang berpaham radikal mengontrak rumah dalam beberapa lama. Jika ada warga baru bukannnya kita curiga, tapi waspada itu juga sangat perlu," pungkasnya. ***(grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »