Ditemukan Empat Titik Api di Siak Kecil

Dibaca: 61042 kali  Selasa, 20 Oktober 2015 | 08:59:34 WIB

BENGKALIS-riautribune: Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis, mensinyalir adanya titik api di desa Sungai Linau Linau Kecamatan Siak Kecil mencapai empat titik. Saat ini masih dilakukan penanganan pemadaman oleh pihak petugas BPBD-Damkar dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Hal itu disampaikan Kepala BLH Bengkalis, Arman AA, Senin (19/10) sesuai dengan informasi yang diperoleh dari BPBD-Damkar, saat ini terdapat empat titik api di Desa Sungai Linau, Kecamatan Siak Kecil. Hingga saat ini api yang membakar lahan tersebut belum dapat dipadamkan, sebab selain lokasinya sulit jangkauan juga kebakaran telah meluas.

"Saat ini yang menangani di sana bukan hanya petugas BPBD-Damkar dan MPA. Tetapi juga melibatkan anggota TNI dan Polri. Kondisinya diperburuk oleh akses jalan ke lokasi kebakaran sangat jauh mencapai sekitar 10 KM dari jalan raya. Sampai saat ini api belum dapat dipadamkan petugas yang berada di lokasi, selain lokasi yang sulit dijangkau juga kebakaran makin meluas," papar Arman.

Dalam menangani karhutla di Sungai Linau tersebut ia menilai perlu mendatangkan bantuan dari BPBD-Damkar provinsi atau dengan melakukan waterbom melalui udara. Karena pemadaman secara manual dinilai tidak efektif sebab lokasi kebakaran cukup jauh dan menyulitkan petugas.

“Lokasi kebakaran yang sulit ditempuh di tengah hutan, tanpa ada akses jalan membuat pemadaman api hanya bisa dilakukan melalui waterboom. Karena kita khwatir, kalau tidak cepat dipadamkan, api akan terus meluas kemana-mana tempat,” ujar Arman. (afa)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »