Sungai Siak Harus Lebih Ditata

Dibaca: 9210 kali  Jumat, 04 Mei 2018 | 10:28:48 WIB
Sungai Siak Harus Lebih Ditata
Ket Foto :

Pekanbaru - Riautribune:Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady menilai Sungai Siak harus lebih ditata dengan baik agar menarik wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru dan menggunakan transportasi air. Permasalahan seperti abrasi dan tanggul yang rusak harus segera diselesaikan.

“Abrasi Sungai Siak harus diselesaikan, bangun tanggul yang baik, perkampungan dan estetikanya juga harus ditata dengan baik, maka itu akan menarik wisatawan. Barulah kita disitu melakukan investasi,” ujar Hamka disela-sela Kunjungan Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI meninjau Sungai Siak dan sPelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau, Rabu (2/5/2018).

Menurut politisi Partai Golkar itu, saat ini orang cenderung menggunakan transportasi darat dibanding air. Bahkan di Pelabuhan Sungai Duku rata-rata per hari hanya 250 orang yang menggunakan transportasi air. Jadi harus dipikirkan lebih baik perkembangan transportasi air penghubung antar kota ini.

“Jadi kita imbau kepada pemerintah daerah untuk menata sungai ini dulu dengan baik. Apakah dana itu dari APBD atau APBN, silahkan. Kemudian mengatasi abrasi dan sedimentasi di Sungai Siak, karena Pekanbaru objek wisatanya mau ditingkatkan,” imbuh Hamka.

Politisi dapil Sulsel itu menyarankan, yang perlu dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Sungai Duku adalah meningkatkan pelayanannya dulu kepada masyarakat yang membutuhkan transportasi air, bukan kepada penambahan fasilitas pelabuhan. (dpr)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »