Diwakili Plh Asisten Administrasi Umum Setda Inhil,

Pjs Bupati Inhil Hadiri Milad BKMT Provinsi Riau

Dibaca: 23722 kali  Sabtu, 28 April 2018 | 16:21:03 WIB
Pjs Bupati Inhil Hadiri Milad BKMT Provinsi Riau
Ket Foto :

TEMBILAHAN - riautribune: Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Riau menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Tahun 2018 di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan, Kamis (28/4). Acara ini disejalankan dengan Peringatan HUT Buletin Lentera Ke-15.

 

Acara yang dibuka dengan tari persembahan oleh murid TK Pertiwi I Tembilahan tersebut, dihadiri Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Inhil RM Sudinoto MM, Unsur Forkopimda Inhil, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) BKMT Provinsi Riau Dra Hj Septina Primawati Rusli MM, Ketua Pimpinan Daerah (PD) BKMT Inhil dr Hj Raihana Ara, Ketua PC Muslimat NU Inhil Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Ketua dan anggota PD BKMT se-Provinsi Riau, Ketua dan anggota PC BKMT kecamatan se-Inhil, H Zulfikar Nikmat selaku penceramah, dan para undangan.

 

Untuk menyemarakkan peringatan ini, BKMT Inhil melaksanakan berbagai lomba, mulai dari lomba pidato Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, lomba tahfiz Al Quran, lomba ilmu nahu putra, dan lomba ilmu syaraf putri. Selain itu, di halaman gedung terdapat pula bazar yang menampilkan berbagai kerajinan tangan.

Sebagai tuan rumah penyelenggara acara, Ketua BKMT Inhil mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi menyukseskan acara ini. Ia juga menjabarkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BKMT Inhil. 

 

"Kepada tamu undangan kami ucapkan selamat datang di Negeri Seribu Parit. Kepada Pemerintah Kabupaten Inhil kami ucapkan terimakasih juga atas bantuan sumbangan dana dan sembako kepada 50 anak yatim di Inhil. BKMT Inhil telah melakukan berbagai kegiatan, yaitu tausiyah, pengajian, silaturahim ke penjara, posyandu dari swadaya masyarakat, serta fiqh dan tafsir setiap hari Selasa dan Sabtu," paparnya.

 

Sementara itu, Ketua BKMT Provinsi Riau menyampaikan sambutan dan program kerja BKMT Provinsi Riau yang dikemas dalam bentuk pantun. Ia berterimakasih pula kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil yang bersedia membantu dan memfasilitasi peringatan tersebut. "Mudah-mudahan dukungan ini menjadi berkah dan kita dapat melaksanakan tugas-tugas kita dengan baik," harapnya. 

 

Usai menyampaikan sambutannya, Septina menyerahkan piagam ucapan terimakasih kepada seluruh PD BKMT kabupaten/ kota se-Provinsi Riau periode yang lalu, serta piagam ucapan terimakasih kepada Pjs Bupati Inhil dan Ketua PD BKMT Inhil. 

 

Di sela acara, terdapat penampilan pembacaan syair BKMT oleh Muli dari sanggar Citra Sebati Tembilahan dan tarian tradisional oleh sanggar Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil. 

 

Sebelum menyampaikan sambutannya, Sudinoto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 3 orang anak yatim dan hadiah kepada para pemenang lomba. Ia menyebutkan bahwa BKMT merupakan suatu alternatif lembaga pendidikan keagamaan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu, tenaga, dan kesempatan. 

 

"Keberadaan majelis taklim sebagai lembaga pendidikan non formal mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting, di antaranya untuk meningkatkan dakwah dan syiar Islam, meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pengalaman masyarakat pada ajaran Islam, serta memperkokoh Ukhuwah Islamiyah," tuturnya. 

 

Eksistensi BKMT, lanjutnya, harus dapat memberikan sumbangsih dan pengaruh positif bagi anggota majelis taklim. "Antara lain untuk mendorong para mubaligh agar menyampaikan ceramah yang berkualitas, relevan dengan masalah-masalah aktual, dan sesuai kebutuhan lingkungan, meningkatkan kemampuan individual para mubaligh dalam memecahkan masalah masyarakat, serta membina pengelolaan majelis taklim agar memiliki perencanaan yang matang," imbuhnya. 

 

Di akhir sambutannya, ia berharap agar para pengurus dan anggota BKMT dapat terus memberikan perhatian terhadap masalah kemasyarakatan, keterbelakangan umat, kebodohan, kemiskinan, dan ketidak adilan sosial. Peringatan ditutup dengan Tabligh Akbar oleh Ustad Zulfikar yang menyampaikan ceramah dengan Tema Isra Miraj dan Menyongsong Datangnya Bulan Suci Ramadan.  (Mal/Adv) 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »