Meski Disibukkan Dengan TMMD, Koramil 07/Reteh Masih Sempat Terjunkan Anggotanya Untuk Bantu Petani

Dibaca: 16594 kali  Senin, 23 April 2018 | 20:02:22 WIB
Meski Disibukkan Dengan TMMD, Koramil 07/Reteh Masih Sempat Terjunkan Anggotanya Untuk Bantu Petani
Ket Foto :

KERITANG – riautribune: Semangat Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaluu Komando Rayon Militer (Koramil) 07/Reteh untuk mewujudkan program swasembada pangan sepertinya sangat serius. Terbukti, meski kegiatan sedang melaksanakan kegiatan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kecamatan Keritang, Babinsa Koramil 07/Reteh masih selalu aktif turun ke sawah untuk mendampingi petani.

 

 

Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani mulai dari proses pengolahan lahan hingga panen padi.

 

 

Salah satunya Babinsa Desa Seberang Pebenaan, Serma Noviandi langsung turun ke sawah ikut serta membantu dan mendampingi panen padi di lahan sawah milik Pak Sumardi anggota Kelompok Tani Usaha baru, Desa Seberang Pebenaan, Kecamatan keritang.

 

 

Panen padi jenis varietas Batang Piaman di area sawah milik Sumardi mendapatkan hasil lebih kurang mencapai 6 ton per hektar dengan luas sawah yang di penen mencapai 4 hektar.

 

 

Pada kesempatan itu, babinsa Serma Noviandi mengatakan, sebagai aparat teritorial, pihaknya mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

 

 

“Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,” ujarnya .

 

 

Tidak hanya itu, Ia juga menjelaskan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

 

 

“Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegasnya

 

 

Senada dengan Serma Noviandi, Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi menjelaskan, pelaksanaan panen padi oleh Babinsa bersama masyarakat adalah bagian dari partisipasi TNI untuk ikut memajukan pertanian di wilayah Kecamatan Keritang, karena TNI sadar bahwa petani adalah bagian penting dalam kehidupan bangsa dan negara oleh karena itu TNI wajib mendukungnya.

 

 

Sementara itu, Arifin selaku Ketua Kelompok Tani Usaha baru mengatakan, sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah membantunya dalam melakukan  panen padi kali ini, diakuinya mulai dari penanaman selalu diberikan pentunjuk ataupun cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur.

 

 

“Mudah-mudahan upaya kita (petani) yang dibantu oleh TNI mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi menuai hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya. (Mal/HmsKodim)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »