Petang Ini, Kabut Asap Kembali Menyesakkan

Dibaca: 93855 kali  Ahad, 18 Oktober 2015 | 17:54:32 WIB
Petang Ini, Kabut Asap Kembali Menyesakkan
Ket Foto :

PEKANBARU-riautribune: Petang ini, Ahad (18/10) kabut asap kembali pekat dan menyesakkan warga Kota Pekanbaru. Kondisi ini hampir mirip dengan keadaan yang terjadi beberapa waktu lalu. Padahal beberapa hari belakangan, meski udara di Riau masih menyisakan kabut asap, tetapi tidaklah separah hari ini.

"Saya lihat trend-nya asap mulai kembali terlihat pekat. Padahal beberapa hari belakangan kondisinya sudah agak lumayan. Tiba-tiba kembali asap pekat menyelimuti Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Riau," ujar akademisi Universitas Riau (UR) DR. Yanuar Hamzah, M. Si.

Menurut DR. Yanuar, di beberapa daerah di Riau seperti Siak, Bengkalis dan Pelalawan kembali diselimuti asap tebal. "Sulit memang memprediksi kapan kabut asap ini benar-benar bisa hilang. Sebab, data yang kita dapatkan dari BMKG tentang titik api berdasarkan informasi dari media ternyata juga tidak valid. Ada info terkait titik panas yang sengaja disamarkan. Tidak jelas apa muatannya memberikan data yang tidak benar itu," tegas DR. Yanuar lagi.

DR. Yanuar menyayangkan adanya dugaan data tentang kondisi kebakaran Karhutla dari BMKG disamarkan tersebab adanya tekanan dari pihak-pihak tertentu. "Miris sekali bangsa kita ini, dalam bencana seperti ini pun ternyata kita tidak diberikan informasi yang benar. Ada pihak-pihak yang masih memainkan hal tersebut untuk kepentingan yang tidak jelas. Padahal ribuan nyawa terancam dengan musibah asap yang tak berkesudahan ini," kesal DR. Yanuar lagi. (jen)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »