PLN Segera Selesaikan Jaringan Listrik di Kandis dan Minas

Dibaca: 16444 kali  Sabtu, 21 April 2018 | 09:39:45 WIB
PLN Segera Selesaikan Jaringan Listrik di Kandis dan Minas
Ket Foto :

PEKANBARU - Riautribune:Pemerintah Provinsi Riau mulai memetakan desa-desa yang sama sekali belum teraliri listrik bersama PLN wilayah Riau Kepri. Termasuk beberapa desa yang ada di Kabupaten Siak, khususnya di wilayah Minas dan Kandis yang selama ini tidak terselesaikan oleh Pemkab Siak setelah bertahun-tahun.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, mengatakan, pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan PLN dan pihak PT Chevron untuk segera memasang jaringan listrik di wilayah Minas dan Kandis Barat.

"Pembangunan jaringan listrik di Minas dan Kandis sudah dibicarakan. Sudah survei dengan PLN dan Chevron, titik-titik mana yang akan dipasang jaringan listriknya," kata Sekda, Jumat (20/4/2018).

Dijelaskan Sekda, beberapa titik yang akan dipasang di desa-desa ini ada yang masuk dalam kawasan konsensi Chevron. Namun semuanya akan teratasi antara pihak Chevron dan PLN karena lahan tersebut juga merupakan lahan negara.

"Ada regulasi yang harus dilewati di Chevron, melakukan semua hal dibutuhkan koordinasi. Lahan ini sudah dikuasai negara dan dibeli rakyat, tak mungkin PLN membayar karena sesama negara, makanya diselesaikan.

Jaringannya itu dipasang sesuai aturan, segera diselesaikan," kata Sekda. Sementara itu, warga Kandis, Kelurahan Samsam, yang berada di kilometer 51, sangat berharap sekali dengan langkah dari Pemprov Riau yang sudah bergerak memasukkan aliran listrik di daerah mereka. Selama ini sudah bertahun-tahun mereka sudah mengajukan ke Pemkab Siak tak kunjung selesai.

"Bahkan ada program listrik tata surya dari Pemkab kami dicuekin, di tempat lain dimasukkan ke tempat kami ini tidak," kata Iwan, bersama warga Kandis lainnya.

"Dan sekarang Alhamdulillah setelah dialihkan ke Pemprov ada niat baik dari Pemprov dengan memanggil pihak PLN. Kami rela tanah kami dipakai untuk tiang listrik. Pohon sawit kami siap kami tebang kalau mengganggu. Kami tinggal di sini sejak tahun 1986 belum pernah merasakan listrik," tambah Iwan.

Untuk diketahui, Pemprov Riau sudah meminta pihak PLN agar bisa menyelesaikan jaingan listrik di desa-desa. Dan ditargetkan pada tahun 2019 semua desa di seluruh Riau teraliri listrik. (ckc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Selasa, 11 Desember 2018 - 23:13:07 WIB

Timsel Seleksi KPU Kabupaten/Kota Diduga Lakukan Kecurangan

PEKANBARU-riautribune: Sejumlah peserta seleksi KPU Kabupaten/kota mempertanyakan hasil keputusan timsel KPU Kabupaten/kota wilayah II, Provinsi Riau, karena dianggap janggal. Demikian diungkapkan oleh Muhammad Sukriadi salah satu peserta seleksi KPU kabupaten Rokanhulu, perihalnya timsel tidak memperlihatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas