Firdaus-Rusli Sinergikan Pembangunan Mulai dari Pekansikawan Hingga Metropolitan Riau Pesisir

Dibaca: 10215 kali  Jumat, 20 April 2018 | 10:53:57 WIB
Firdaus-Rusli Sinergikan Pembangunan  Mulai dari Pekansikawan Hingga Metropolitan Riau Pesisir
Ket Foto :

SIAK - Riautribune:Meningkatan pertumbuhan ekonomi diantara masing-masing daerah, dalam pandangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 3, Firdaus-Rusli perlu adanya sinergi antara masing-masing kabupaten-kota. Salah satunya melalui konsep Pekanbaru-Siak-Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) yang telah lama digagas Firdaus saat menjabat sebagai Walikota Pekanbaru. Konsep Pekansikawan ini, sama seperti konsep Jakarta-Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi (Jabodetabek).

 

Dimana, daerah-daerah yang berada di sekitar Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menjadi daerah penyanggah karena semakin padatnya aktivitas pemerintahan, perdagangan dan industri. Kelak persoalan serupa juga akan terjadi di Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi dan semakin padatnya aktivitas jasa dan perdagangan serta semakin padatnya pertambahan jumlah penduduk.

"Program ini kita masukkan dalam Tiga bidang Infrastruktur Dasar, salah satunya perbaikan jalan provinsi dan pembangunan jalan outer ringroad metropolitan Pekansikawan," ujar calon Gubernur Riau Firdaus dalam sebuah kampanye dialogis di Kabupaten Siak. Sejauh ini, Kota Pekanbaru sebagai penggagas dipaparkan Firdaus, telah memulai beberapa langkah-langkah, diantaranya memindahkan pusat perkantoran Kota Pekanbaru di Tenayan Raya yang secara topografi wilayah berada di perbatasan tiga daerah, Pekanbaru,Siak dan Pelalawan.

"Inilah tanda keseriusan kita membangun konsep Pekansikawan ini, sebab jika pusat pemerintahan Kota Pekanbaru sudah dipindahkan, dalam rentang lima tahun hingga 10 tahun kedepan, wilayah yang ada di wilayah ini akan terkoneksi dengan sangat bagus. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, kawasan ini akan masuk dalam salah Proyek Nasional, diantaranya mungkin membangun jalur perkereta-apian atau terbukanya jalan baru yang semakin memudahkan transportasi," sebut Firdaus.

Saat ini Outer Ringroad di jalur Pekansikawan ini telah dibangun sepanjang 17 km melalui proyek tahun jamak (multi years). Outer ring road ini akan menembus Jalan Badak menuju ke Jalan Lintas Timur (luas 700 meter) sekitar sepanjang sepanjang 3,2 Km, Jalan Lintas Timur (700 meter) akses ke batas Kampar masuk ke Pasir Putih sepanjang 4,6 Km.

Kemudian outer ring road ini akan menyambung dari wilayah Teluk Lembu Ujung ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) sepanjang 5 km dan dari ruas Jalan Okura akan akses ke rencana jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 4,2 Km. Sedangkan outer ringroad sebelah Barat kota ini, selama ini sudah ada, seperti Jalan Garuda Sakti. Juga akan membangun akses jalan ini yang dibuka mulai dari Jalan Yos Sudarso, Siak II menuju ke arah Pantai Cermin dan masuk ke Jalan Garuda Sakti.

Firdaus, mengatakan, pembangunan outer ring road ini bersinergi dengan tol Pekanbaru-Dumai. Tegasnya, jalan ini merupakan akses dari Lintas Timur, dan diharapkan akan dibangun Jembatan Siak V untuk menghubungkan jalan ini menuju pusat kota. Ditambahkan, Firdaus, konsep serupa juga bisa dilaksanakan di Riau Pesisir, Rohil, Dumai, Bengkalis dan Meranti. "Jika Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memang terwujud, tidak tertutup kemungkinan Dumai akan menjadi kota utama, sebagai kota pelabuhan perdagangan dengan kota penyanggah dari Bengkalis, Meranti dan Rokan Hilir," ujar calon nomor urut 3 ini.

Visi mewujudkan Kota Metropolitan Pekansikawan ini, bukanlah sebuah mimpi dan angan-angan. Sebab, melihat tingkat pertumbuhan masyarakat di Kota Pekanbaru, Kampar, Siak dan Pelalawan sangatlah cepat. Hal ini dilihat dari jumlah kawasan perumahan yang dibangun pengusaha pengembang, lokasinya bukan lagi berada di Kota Pekanbaru saja. Namun, sudah berada di daerah perbatasan namun masuk dalam wilayah Siak, Kampar, Pelalawan.

"Visi Firdaus dalam membangun daerah memang patut diberi acungan jempol. Bukan, sekedar bicara kosong tapi lengkap dengan konsep dan strategi yang terencana dengan baik. Sebagai Teknokrat yang berpengalaman, Firdaus MT tentu sangat dibutuhkan untuk membangun Riau agar lebih baik lagi," ujar mantan Gubernur Riau H Saleh Djasit dalam sebuah kesempatan. (grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Jumat, 22 Juni 2018 - 15:42:21 WIB

Penyebab Argentina Kalah dari Kroasia di Piala Dunia 2018

Kondisi Tim Nasional (Timnas) Argentina semakin terpuruk. Skuad besutan Jorge Sampaoli itu kembali gagal meraih kemenangan pada matchday kedua Grup D Piala Dunia 2018. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Niznhy Novgorod, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB, Argentina harus menelan pil pahit setelah kalah telak dari Kroasia. La Albiceleste –julukan Argentina– takluk 0-3 pada pertandingan tersebut.