AHY Mencoba Memerah Susu Sapi Saat Berkunjung Di Boyolali

Dibaca: 14473 kali  Selasa, 10 April 2018 | 13:40:54 WIB
AHY Mencoba Memerah Susu Sapi Saat Berkunjung Di Boyolali
Ket Foto :

Boyolali - Riautribune:Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hari ini mengunjungi Kabupaten Boyolali. Di wilayah penghasil susu ini, AHY mencoba memerah susu sapi.

 

Saat memerah susu sapi di salah satu rumah warga, AHY menyebut, memerah susu merupakan pengalaman unik baginya. "Yang menarik, tadi saya coba juga ikut memerah susu sapi. Pengalaman yang unik bagi saya," kata AHY usai berdialog dengan peternak sapi di Dukuh Karanglo, Desa Musuk, Kecamatan Musuk, Boyolali, Selasa (10/4/2018).

 

Menurut dia, memerah susu gampang-gampang susah. "Tapi saya bilang sesusah-susahanya lebih baik meres daripada diperes, meres susu sapi. Sapinya sudah pasrah saja dia," kelakar AHY yang disambut tawa warga yang mengerumuninya. Menurutnya dengan mencoba memerah susu sapi secara langsung di dalam kandang itu, ingin ikut merasakan apa yang dilakukan oleh peternak. Baginya, berempati itu perlu, supaya ikut merasakan apa yang dirasakan peternak.

 

"Tadi saya juga mencoba mencicipi susu hasil perahan dan rasanya luar biasa, enak banget dan saya dukung, mudah-mudahan Boyolali ini terus menjadi primadona untuk susu," ujar AHY. Kunjungan AHY di Dukuh Karanglo, Desa Musuk tersebut dalam rangkaian tour AHY di Jawa Tengah, yang diberi judul AHY Sowan Jateng.

 

Ada 15 Kabupaten/Kota di Jateng akan dikunjungi AHY, termasuk Boyolali. "Tentunya saya akan menggunakan kesempatan baik ini untuk berinteraksi, mendengarkan secara langsung apa yang menjadi keluhan, aspirasi oleh warga," ucapnya. Dalam kunjungannya yang cukup singkat tersebut, AHY juga sempat berdialog dengan beberapa peternak.

 

Peternak antara lain mengeluhkan harga pakan sapi yang terus naik. Selain itu harga susu yang tidak sebanding dengan tingginya harga pakan tersebut. "Tadi kita dengar bersama-sama, masyarakat mengeluhkan bahwa semakin kesini terjadi penurunan, baik dari segi kuantitas, jumlahnya berkurang tetapi juga kualitas.

 

Ini disebabkan oleh beberapa faktor. Yang paling mengemuka adalah pertama, melalui kompetisi pasar bebas, para peternak ini merasa sangat kesulitan untuk bisa bersaing. Oleh karena itu harapannya ada intervensi dari pemerintah untuk bisa menjaga, meyakinkan agar peternak sapi kita bisa mendapatkan keuntungan yang layak dan melanggengkan usahanya termasuk mengembangkan usahanya," terang dia.

 

Peternak juga berharap adanya bantuan-bantuan langsung dari Pemerintah berupa sapi dan kredit jangka panjang yang lunak. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas susu yang ada di Desa Musuk. Mereka juga berharap harga susu stabil.

 

"Tentunya, saya mengatakan ini pekerjaan rumah kita semua agar bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para peternak dan keluarganya. Mudah-mudahan," harapnya. AHY menyatakan, akan menyuarakan aspirasi-aspirasi dari masyarakat tersebut kepada para wakil rakyat dari Partai Demokrat, baik yang di DPR-RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota. (dnc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »