Pentingnya Akreditasi UNRI dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi

Dibaca: 24287 kali  Sabtu, 31 Maret 2018 | 10:49:55 WIB
Pentingnya Akreditasi UNRI dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi
Ket Foto :

Riautribune: Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (Unri), Prof Dr Sujianto  MSi, menyampaikan akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tridarma Perguruan Tinggi untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

 

Hal itu disampaikan Sujianto, pada acara Unggah File Akreditasi Program Studi (Prodi) Strata Satu (S-1) Teknik Sipil dan Prodi S-2 Teknik Kimia FT Unri pada Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) serta Ground Breaking pembangunan, gedung kelembagaan mahasiswa, gedung Kommapala FT Unri, kerjasama Tanoto Foundation dan Perseroan Terbatas (PT) Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan Fakultas Teknik, Rabu (28/3), kemarin di ruangan serbaguna FT Unri.

 

“Peningkatan akreditasi fakultas yang juga sebagai pendukung peningkatan akreditasi ini sangat penting, selain itu diharapkan peran aktifnya dalam mendukung UNRI berakreditasi “A” pada tahun 2018 ini, Perlu peran aktif dari pemangku kebijakan serta seluruh pihak berwenang mewujudkannya mulai dari pimpinan hingga ke jajaran staf, hendaknya bisa aktif memberikan kontribusi dalam tahapan ini,” ujar Sujianto.

 

Untuk mewujudkan kemajuan, kegemilangan, dan kecermelangan Universitas Riau, khususnyas peraihan pada akreditasi sebagai wujud ligitimasi atau pengakuan internal maupun eksternal adalah lembaga BAN PT. 

 

"Tentunya kita tidak mau menggantungkan cita-cita kita yang terendah dengan peningkatan kegiatan yang nyata,”sambungnya.Dijelaskan, saat ini Unri telah memiliki sejumlah 10 Fakultas dengan 82 Program Studi, yang terdiri dari Diploma Tiga (D-3) sebanyak delapan Prodi, Diploma Empat (D-4) satu Prodi,  Strata Satu (S-1) 52 Prodi, Strata Dua (S2) 23 Prodi, Strata Tiga (S3) tiga Prodi, dan Program Profesi sebanyak lima Prodi, "dengan jumlah keseluruhan mahasiswa aktif di UNRI sebanyak 35068 orang,” terang Sujianto.

 

Senada dengan Sujianto, Dekan Fakultas Teknik Unri Dr Ari Sandhiavitri MSc, juga menyebut Akreditasi juga dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, dimana perguruan tinggi harus membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar.

 

Dikatakan, Dengan sistem penjaminan mutu yang baik dan benar, perguruan tinggi akan mampu meningkatkan mutu, menegakkan otonomi, dan mengembangkan diri sebagai institusi akademik dan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan.“FT Unri memiliki 5 Jurusan dan 13 Prodi komit untuk mendukung terus pogram Universitas untuk meningkatkan akreditasi institusi, bentuk komitmennya ini telah berhasil menginventalisir lebih dari 20 prototipe yang sudah dibuat oleh mahasiswa dan juga bekerjasama dengan dosen. " kata Ari seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

 

Sementara Untuk meningkatkan mentalitas akhlak, lanjut Ari, FT Unri sudah membuat tata tertib dan mengarahkan anak muda ke arah kegiatan yang positif, karena itu posisi bangunan sarana dan fasilitas pendukung aktifitas mahasiswa, di atur sedemikian rupa agar berada berdekatan, seperti gedung sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT."Kita pindahkan ke posisi bagian depan berdekatan dengan mushala yang juga merupakan arah masuk gedung perkuliahan yang sumber bantuan dana pembangunannya dibiayai oleh Tanoto Foudation,” terang Ari.

 

Dilain itu, FT Juga terus berbenah dalam bentuk pelayanan dan kampus bersih, “FT Unri terus meningkatkan kualitas kerja pegawai dalam pelayanan hingga pembuatan aplikasi pelayanan mahasiswa. Jadi tidak ada lagi persoalan administrasi surat menyurat yang tidak selesai terdisposisi dalam sehari,” ujar Dia.

 

Sementara Foundation Campus Relation Coordination, Asri, menyampaikan Tanoto Foundation adalah lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto yang memiliki fokus pada penanggulangan kemiskinan melalui dukungan terhadap pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup. 

 

 

Tanoto Foundation dilandasi oleh keyakinan setiap orang patut memiliki kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh.“Tanoto Foudation secara resmi mulai masuk Unri sejak tahun 2006 yang ditandai dengan ditandatanganinya beasiswa bagi mahasiswa UNRI. Tanoto Foundation juga memiliki dua kegiatan utama dalam sektor pendidikan yaitu mendukung perluasan akses serta peningkatan mutu pendidikan. Untuk mendukung akses pendidikan yang lebih luas dan merata, Tanoto Foundation bekerjasama dengan lebih dari 35 Perguruan Tinggi dalam memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1 dan S2 dan Basic Education,” jelas Asri.

 

“Kita bersukur, hari ini kita melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan sarana gedung dari Tanoto Foundation. Mudah-mudahan, kedepan kerjasama kita berlanjut sehingga wujud mimpi kami untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pemberdayaan dan pendidikan benar benar terwujudkan,” harap Asri. (***)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pekanbaru" Index »